Logo

6 Dekorasi Ruang Makan Sederhana yang Tetap Estetik

Ruang makan adalah spot favorit keluarga karena bisa berkumpul dan berbincang sambil menikmati hidangan. Dekorasi ruang makan yang sesuai akan menambah kenyamanan. Jika punya ruang minimalis, janganlah khawatir. Dekorasi ruang makan sederhana mampu mengubah ruang minimalis menjadi fungsional dan estetik. Sebagai inspirasi, lihatlah 6 dekorasi ini untuk membuat ruang makan tetap estetik, walaupun sederhana berikut ini.

Desain Hemat Ruang

Ruang Makan Sederhana Desain Hemat Ruang
Ruang Makan Sederhana Desain Hemat Ruang | Gambar: Livspace.com

Desain hemat ruang sangat cocok untuk ruangan yang minimalis, termasuk ruang makan. Kamu bisa memanfaatkan salah satu sisi ruangan sebagai ruang makan sederhana. Meskipun memanfaatkan ruang yang terbatas, ruang makan bisa didesain agar terlihat lebih luas. Pilihlah sisi ruangan yang dekat dengan jendela atau ventilasi agar saat siang hari terdapat cahaya matahari yang masuk.

Pilihlah satu paket meja dan kursi kayu yang minimalis agar hemat tempat. Berikan hiasan bunga di atas meja agar menambah keindahan ruangan dan tidak monoton. Untuk mempertahankan kesan luas, pilihlah keramik berwarna putih. Warna dinding bisa dipadukan yaitu setengah bagian dicat warna putih dan setengah bagian sisanya ditempel dengan marmer berwarna cokelat atau krem.

Ruang Makan Colorful

Ruang Makan Sederhana Desain Hemat Ruang
Ruang Makan Sederhana Desain Hemat Ruang | Gambar: Livspace.com

Colorful design menjadi dekorasi ruang makan sederhana yang mampu meramaikan dan membuat suasana semakin hidup berwarna. Suasana makan bersama keluarga menjadi tidak monoton. Selain meja dan kursi makan, kamu bisa menambahkan komponen lain di ruang makan.

Pilihlah pot atau vas bunga dengan warna menyala (bright color), seperti biru, kuning, atau merah. Lukisan yang dipajang juga bisa beraneka ragam warna. Boleh juga memajang foto-foto. Tambahkan lampu hias agar menambah pencahayaan. Warna dinding bisa dikombinasikan dengan dua atau tiga warna, misalnya merah, putih, dan krem. Gorden yang dipakai menyesuaikan warna dinding.

Paduan Oranye Hijau

Ruang Makan Sederhana Desain Paduan Oranye Hijau
Ruang Makan Sederhana Desain Paduan Oranye Hijau | Gambar: Livspace.com

Setelah sebelumnya menggunakan konsep colorful dengan warna menyala, konsep berikutnya memanfaatkan paduan oranye dan hijau. Paduan kedua warna ini memunculkan kesan damai dan hangat. Kesan estetiknya juga semakin terasa jika dipadukan dengan warna hitam dan cokelat dari furnitur kayu. Selain satu paket meja dan kursi makan, tambahkan pula rak penyimpanan alat makan.

Agar dinding tidak kosong, dekorasi ruang makan sederhana jauh lebih cantik jika diberi lukisan serba oranye dan hijau. Tambahkan lampu hias di atas lukisan agar saat makan serasa melihat pameran di galeri seni atau museum. Untuk peralatan dan perlengkapan makan minum, bisa disesuaikan yaitu serba oranye, kuning, dan hijau.

Baca Juga! 8 Pilihan Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Bikin Tambah Aesthetic

Gunakan Pattern Berwarna

Ruang Makan Sederhana Desain Pattern Berwarna
Ruang Makan Sederhana Desain Pattern Berwarna | Gambar: Livspace.com

Konsep yang mencuri perhatian saat ini adalah menggunakan pattern berwarna. Meja atau kursi makan yang menggunakan pattern tertentu akan meramaikan suasana ruang makan. Lihatlah referensi pattern dan pilihlah pattern yang colorful agar mudah dipadukan dengan warna dinding dan hiasan lainnya.

Konsep ini semakin menarik jika ditambah lampu estetik, lukisan untuk hiasan dinding, dan cermin dengan bingkai unik. Tambahkan rak dengan warna senada untuk menyimpan peralatan makan. Cara ini akan mengoptimalkan fungsi ruang makan tersebut.

Ruang Makan Minimalis

Ruang Makan Sederhana Desain Minimalis
Ruang Makan Sederhana Desain Minimalis | Gambar: Livspace.com

Ruang makan minimalis yang ditempatkan di dekat jendela dapat meningkatkan kenyamanan. Ruangan jadi lebih luas. Saat siang hari, tidak perlu lagi menyalakan lampu karena pencahayaan alami. Saat malam hari, barulah kamu memerlukan lampu sebagai penerangan. Dinding berwarna oranye sangat cocok demi menciptakan nuansa hangat dan nyaman di ruang makan tersebut.

Meja dan kursi makan yang digunakan bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan. Pilihlah model furnitur kayu yang unik dan sesuai selera. Tambahkan vas bunga sebagai hiasan cantik di atas meja makan. Untuk menghidupkan suasana, bisa menambahkan taplak meja dan karpet bercorak.

Ruang Bernuansa Vintage

Ruang Makan Sederhana Desain Bernuansa Vintage
Ruang Makan Sederhana Desain Bernuansa Vintage | Gambar: Livspace.com

Nuansa vintage banyak dipilih karena memberikan kesan klasik yang estetik. Dekorasi ruang makan sederhana bisa dibuat ala vintage dengan sentuhan di berbagai bagian. Kamu bisa memilih meja dan kursi dari kayu dengan dilengkapi taplak meja bercorak. Tambahkan hiasan bunga di atas meja dan tambahan tanaman hijau untuk mempermudah sirkulasi udara.

Kesan vintage juga bertambah dengan adanya beberapa lukisan sebagai hiasan dinding. Pilihlah beberapa lukisan dengan aneka warna menyatu, misalnya empat lukisan dengan warna yang beraneka ragam yaitu biru, oranye, hijau, dan merah.

Memunculkan kesan estetik dari dekorasi ruang makan sederhana bukanlah sesuatu yang mustahil. Berbagai rincian dekorasi di atas dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Jadikan momenmu bersama keluarga lebih hangat dengan desain ruang makan yang menarik dan tidak monoton.

Berbagai perlengkapan furnitur dari Olympic Furniture seperti meja makan 1 set, lemari hias, rak dapur dan rak serbaguna bisa kamu jadikan andalan. Setiap jenis furnitur tersebut mempunyai variasi dari segi ukuran, moden, bahan berkualitas dan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan desain interior.

7 Ide Dekorasi Ruang Makan Minimalis yang Homey Maksimal

7 Inspirasi Ruang Kerja Kantor Pribadi di Rumah yang Nyaman