Logo

8+ Inspirasi Desain Ruang Makan Sederhana dan Praktis

Dalam memproses desain rumah yang nyaman dan fungsional, ruang makan memegang peran penting sebagai tempat pertemuan keluarga. Dalam usaha menciptakan suasana yang sederhana namun tak kehilangan daya tarik, desain ruang makan minimalis menjadi pilihan yang semakin populer.

8 Ide Desain Ruang Makan Sederhana

Dari furnitur tribal yang eksotis hingga nuansa shabby chic yang lembut, tentu dari delapan ide desain ruang makan sederhana yang tak hanya praktis, tetapi juga memberikan inspirasi bagi kamu yang tengah merencanakan atau merenovasi ruang makan. Mari jelajahi setiap konsep dengan harapan dapat membantu kamu menemukan desain yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Yuk, simak!

Desain Furnitur Tribal

Desain Furnitur Tribal
Desain Furnitur Tribal | Gambar: Livspace.com

Konsep furnitur tribal adalah pilihan yang bagus untuk menciptakan ruang makan sederhana yang eksotis. Kamu dapat memilih meja makan dengan desain unik dan kursi dengan motif etnik. Jika kamu tertarik dengan desain furnitur seperti ini, maka pilih meja makan dengan bahan kayu eksotis seperti mahoni atau teak yang sering digunakan dalam desain tribal.

Aksesori yang digunakan dalam style tribal ini biasanya menggunakan aksesori seperti vas etnik, patung-patung, topeng, atau bantalan kursi bermotif tribal yang khas.

Furnitur Kombinasi Kayu

Furnitur Kombinasi Kayu
Furnitur Kombinasi Kayu | Gambar: Livspace.com

Aksen kayu pada furnitur yang ada pada desain ruang makan sederhana, dapat menghasilkan kesan yang hangat dan tetap memiliki nilai estetika tersendiri. Biasanya furnitur dominan kayu ini dapat kamu temukan di ruang makan dengan konsep-konsep scandinavian. Dalam desain ruang makan seperti ini biasanya terdapat bantalan atau jok kain yang memiliki warna yang serasi untuk memberikan sentuhan kenyamanan.

Tata letak furnitur pada desain ruang makan dengan style ini sangatlah mudah diatur, karena tidak membutuhkan property lebih untuk menghasilkan ruang makan yang estetik. Untuk menonjolkan warna kayu yang alami, maka pemilihan furnitur pendukung lainnya perlu diperhatikan. Warna-warna yang cocok dipadukan dengan warna kayu yaitu seperti warna hijau, oren, atau emas.

Desain Country Style

Desain Country Style
Desain Country Style | Gambar: Livspace.com

Sama seperti desain ruang makan sederhana sebelumnya, desain countrystyle ini membawa suasana khas countryside yang hangat, nyaman, ala pedesaan tetapi tetap ada sentuhan modern. Material furnitur yang digunakan biasanya dominan kayu dan warna-warna gelap yang teduh. Karena pada dasarnya perpaduan ornamen kayu menjadi kunci utama dalam desain country style.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan desain ruang makan seperti ini, maka pilihlah perabotan kayu yang memiliki tampilan kasar atau rustic, seperti meja makan dari kayu solid dengan finishing yang terlihat natural. Untuk menambah kesan sederhana, gunakan perabot dan aksesori vintage, seperti piring hiasan dinding yang terbuat dari ukiran kayu.

Baca Juga! 12 Tips Menciptakan Desain Dapur Minimalis yang Nyaman & Modern

Nuansa Shabby Chic

Nuansa Shabby Chic
Nuansa Shabby Chic | Gambar: Livspace.com

Konsep shabby chic ini biasanya digunakan pada desain interior yang ada di rumah-rumah berkonsep sederhana. Shabby chic memadukan unsur-unsur seperti vintage dengan sentuhan feminine. Untuk menambah kesan aesthetic, maka pilih furnitur dengan warna-warna pastel dan aksen-aksen shabby chic seperti kursi atau meja yang terlihat usang.

Desain ruang makan seperti ini biasanya menggunakan dekorasi dinding dengan aksen wallpaper motif bunga atau garis-garis dengan warna yang soft. Untuk menambah kesan vintage, beri sentuhan aksesori dinding seperti lukisan bermotif bunga, atau barang-barang vintage berwarna pastel yang terlihat usang.

Desain Minimalis Modern

Desain Minimalis Modern
Desain Minimalis Modern | Gambar: Livspace.com

Style desain minimalis modern ini menggabungkan estetika minimalis dengan elemen-elemen kontemporer. Untuk memunculkan konsep minimalis yang modern, pilih furnitur dengan garis-garis tajam dan bentuk yang simpel. Seperti meja makan dan kursi dengan bentuk yang minimalis tapi tetap ada sentuhan modern.

Palet warna yang cocok untuk desain rumah makan simpel seperti ini adalah warna-warna yang netral seperti broken white, abu-abu, krem, hitam, atau coklat muda. Pemilihan warna-warna ini menciptakan tampilan yang bersih dan elegan, sehingga cocok untuk kamu yang menyukai sentuhan modern tetapi masih memiliki kesan minimalis.

Desain Ruang Makan Tradisional

Desain Ruang Makan Tradisional
Desain Ruang Makan Tradisional | Gambar: Livspace.com

Jika kamu menyukai hal-hal yang klasik dan sederhana, maka desain ruang makan tradisional seperti ini adalah pilihan yang cocok. Konsep desain rumah makan simpel dan tradisional ini memberikan kesan homey. Style yang tidak neko-neko serta pilihan warna yang sederhana, membuat desain ruang makan tradisional ini sering digunakan oleh banyak orang.

Agar ruang makan tidak terlihat terlalu sepi, gunakan dekorasi atau aksesori dinding yang mendukung. Seperti lukisan atau piring-piring yang ditempel di dinding bisa menjadi sentuhan yang aesthetic. Desain ruang makan sederhana dan tradisional ini biasanya menekankan pada kerapian dan fungsi dari ruang makan itu sendiri.

Monokrom

Monokrom
Monokrom | Gambar: Livspace.com

Desain ruang makan sederhana berkonsep monokrom saat ini sedang menjadi tren. Tidak hanya terlihat rapi dan bersih, tetapi juga terdapat nilai estetika tersendiri. Kamu bisa memilih cat dinding dengan warna-warna basic seperti putih, hitam, atau warna abu-abu. Konsep monokrom seperti ini kamu bisa menggabungkan warna hitam dengan abu abu muda untuk menciptakan gradasi yang serasi.

Tata letak furnitur pada desain ruang makan konsep monokrom juga tidak neko-neko. Yang perlu ditekankan pada konsep ini adalah perpaduan warna serta pemilihan aksesoris yang mendukung nilai estetika pada konsep ini.

Desain Clean Minimalist

Desain Clean Minimalist
Desain Clean Minimalist | Gambar: Livspace.com

Seperti desain ruang makan sederhana pada umumnya, desain clean minimalis menekankan pada kesederhanaan, kebersihan, dan tampilan yang rapi dan terorganisir. Warna yang biasanya digunakan untuk desain clean minimalist adalah warna-warna basic seperti putih yang dapat dipadukan dengan warna-warna kayu atau warna earth tone lainnya yang memberikan kesan hangat.

Agar tetap terlihat bersih dan rapi, gunakan bahan-bahan atau furnitur yang minimalis, seperti terbuat dari kayu atau logam dengan finishing polos. Serta hindari pemilihan bahan dengan hiasan yang rumit agar tetap terlihat minimalis.

Dengan beragam pilihan desain ruang makan sederhana yang telah dibahas, kamu kini memiliki panduan untuk menciptakan ruang makan impianmu. Tak hanya praktis, tetapi juga estetis, setiap konsep memberikan ciri khasnya masing-masing, memberikan inspirasi bagi mereka yang menginginkan ruang makan yang sederhana namun memikat.

Dengan menggabungkan elemen-elemen minimalis dan sentuhan personal, ruang makan sederhana dapat menjadi ruang yang penuh karakter dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa melengkapi ruang dapur dengan furnitur rak dapur atas dan lemari dapur bawah dari Olympic Furniture.

8 Inspirasi Interior Kamar Tidur Minimalis Aesthetic, Bikin Betah!

8 Inspirasi Desain Ruang Makan Modern Menarik dan Estetik untuk Keluarga