Logo

Ide Renovasi Kamar Tidur Minimalis Bikin Tambah Aesthetic

Kamar tidur minimalis dikenal dengan ukurannya yang relatif kecil. Makanya, sebagai pemilik kamar tidur minimalis, sudah seharusnya kamu lihai dalam menempatkan ragam furnitur atau perabotan yang berada di kamar minimalis tersebut, agar kamar tetap bisa terasa lapang. Jadi, meskipun ukuran kamar kecil, kamu bisa tetap merasa nyaman dan betah di dalamnya.

Jika dirasa perlu, kamu juga bisa memilih untuk merenovasi kamar tidur minimalis yang kamu tempati. Biasanya, ada beberapa bagian kamar tidur minimalis yang direnovasi oleh pemiliknya, dengan tujuan untuk membuat tidur di kamar jadi terasa lebih nyaman. Kamu bisa simak bagian yang biasa direnovasi pada ulasan mengenai rekomendasi renovasi kamar tidur minimalis berikut ini.

1. Lantai Kamar Tidur

renovasi kamar tidur dengan mengganti lantai kamar Modern
Lantai Kamar Tidur

Lantai kamar tidur merupakan salah satu bagian yang kerap kali menjadi objek renovasi oleh pemiliknya. Untuk kamar tidur minimalis ini sendiri, ada beragam jenis pilihan lantai yang bisa kamu gunakan, mulai dari kayu, keramik, teraso, batu alam, marmer, karpet, PVC vinyl, hingga tegel motif. Kamu bisa sesuaikan pilihanmu dengan bujet yang kamu miliki.

Jika sekiranya kamu ingin memiliki lantai kamar tidur minimalis yang sifatnya tidak permanen dan harganya cukup terjangkau, maka lantai PVC vinyl tampaknya bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Selain harganya yang cukup terjangkau, kamu pun bisa memasang lantai PVC vinyl ini dengan cukup mudah, karena PVC vinyl sudah ada yang tersedia dengan perekatnya langsung.

2. Cat Dinding Kamar

Cat Dinding Kamar salah satu renovasi kamar
Cat Dinding Kamar

Cat dinding kamar tidur juga kerap kali menjadi sasaran renovasi kamar minimalis. Mengecat ulang kamar tidur minimalis memang sering dilakukan entah itu disebabkan karena sudah bosan dengan warna cat dinding kamar tidur terdahulu atau pilihan warna cat dinding yang sebelumnya tidak memberikan efek rileks bagi pemiliknya saat berada di kamar tidur tersebut.

Untuk warna cat dinding yang bisa kamu gunakan saat renovasi kamar tidur minimalis ada beragam pilihannya. Kamu bisa jadikan warna putih yang memang identik dengan gaya minimalis sebagai warna utama dari dinding kamar tidur, lalu kemudian dikombinasikan dengan aksen warna yang memberikan efek rileks, seperti beige, hitam, abu-abu, krem, ataupun biru.

3. Dipan Tempat Tidur

renovasi kamar tidur minimalis dengan tipe Dipan Tempat Tidur
Dipan Tempat Tidur

Renovasi kamar minimalis juga bisa dilakukan dengan mengganti dipan tempat tidur. Jika sebelumnya kamu merasa kalau dipan di kamar tidurmu mengambil ruang yang cukup banyak dan membuat kamar jadi terasa sempit, kamu bisa mengganti dipan dengan model baru, seperti dipan tanpa headboard, guna menghemat ruang yang ada di kamar berukuran kecil tersebut.

Sebaliknya, jika kamu merasa sudah bosan tidur di kasur yang tidak memiliki dipan, kamu bisa renovasi kamar tidur kecil tersebut dengan menempatkan dipan minimalis di dalam kamar. Menghadirkan furnitur minimalis di kamar minimalis yang kamu miliki bakal mendatangkan suasana baru untukmu yang tentunya membuatnya lebih nyaman ditempati.

Baca Juga! 7 Inspirasi Warna Cat Kamar Aesthetic Minimalis

4. Pencahayaan atau Lampu

renovasi kamar Pencahayaan atau Lampu
Pencahayaan atau Lampu

Jika kamar minimalismu memiliki langit-langit yang tergolong rendah, baiknya hindari pemasangan lampu gantung sebagai sumber pencahayaannya. Nah, untuk sumber pencahayaan untuk kamar minimalis ini sendiri, kamu bisa pasang lampu dinding, lampu, lampu yang menempel di langit-langit kamar, hingga standing lamp yang bisa ditaruh di samping tempat tidur.

Sekiranya langit-langit kamarmu lumayan tinggi, lampu gantung masih bisa kamu pertahankan. Namun, untuk menambah indahnya mata memandang ke arah atas saat berbaring, kamu bisa modifikasi bentuk lampu gantung tersebut. Pilihlah lampu gantung bergaya estetik untuk menerangkan kamar tidur minimalismu, sekaligus memperindahnya.

5. Jendela

renovasi kamar tidur modern bagian Jendela
Jendela

Apakah kamar tidur minimalismu memiliki jendela? Jika iya, maka bagian kamar satu ini juga cocok untuk diutak-atik, sehingga membuat kamu bisa merasa makin nyaman menempatinya. Renovasi kamar tidur minimalis pada bagian jendela ini biasa dilakukan dengan mengganti gaya jendela ataupun mengganti gorden atau penutup dari jendela tersebut.

Untuk kamar tidur minimalis yang kamu tempati, beberapa gaya jendela minimalis yang bisa dijadikan pilihan adalah seperti gaya jendela jungkit, atau gaya jendela geser. Sedangkan jika kamu ingin memberi penutup pada area jendela, kamu bisa beri gorden dengan warna yang disesuaikan dengan warna dinding kamar tidur, atau bisa juga dengan memasang window blind. 

6. Furnitur atau Perabotan

pilih Furnitur atau Perabotan untuk renovasi kamar tidur
Furnitur atau Perabotan

Keberadaan furnitur atau perabotan juga bisa kamu ubah, baik itu dengan mengganti posisi furnitur, mengganti furnitur dari yang lama ke yang baru, mengeluarkan furnitur lama dari kamar tidur, serta menambahkan furnitur baru. Hal ini dilakukan untuk membuat suasana kamar jadi lebih fresh, enak dipandang, dan tentunya lebih nyaman untuk ditempati.

Kamu bisa melengkapi kamar tidurmu dengan furnitur dari Olympic Furniture. Furnitur seperti meja belajar, meja rias, lemari pakaian, springbed dan rak multifungsi siap mengisi kamar tidurmu. Menerapkan desain minimalis & modern membuat kamar tidurmu semakin aesthetic dan memberikan kenyamanan yang maksimal.

Jika sebelumnya tidak kamu miliki, kamu bisa menambahkan furnitur yang bisa memberikan efek luas pada kamar berupa cermin berukuran besar. Sedangkan untuk furnitur yang terbilang mengambil ruang cukup banyak, kamu bisa ganti dengan furnitur yang kegunaannya sama, namun ukurannya lebih kecil. Buat layout terlebih dahulu, sebelum mengatur furnitur di kamar minimalismu.

Jika kamu sudah merasa bosan dan kurang nyaman berada di kamar tidur minimalis yang kamu tempati, jangan ragu untuk memulai renovasi kamar tidur minimalis. Kamu bisa renovasi kamar tidur tersebut di beberapa bagian yang disebutkan di atas, guna menghadirkan suasana baru di kamar tidur tersebut. Hal yang terpenting adalah selalu sesuaikan renovasi dengan bujet yang dimiliki.

List Kamar Tidur Mewah Rekomendasi Pilihan Terbaik, Tidur Makin Nyaman

7 Ide Dekorasi Kamar Aesthetic Jadi Keren