Logo

7 Ide Dekorasi Ruang Makan Minimalis yang Homey Maksimal

Ruang makan termasuk bagian utama sebuah hunian, di mana seluruh anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama dan menikmati momennya. Konsep ruang makan minimalis banyak dipilih karena mengutamakan desain sederhana, fungsional, dan estetik. Spot favorit keluarga ini bisa didesain sesuai selera. Pilih satu dari tujuh ide dekorasi ini, yuk!

Menyatu dengan Dapur

Ruang Makan Minimalis Menyatu dengan Dapur
Ruang Makan Minimalis Menyatu dengan Dapur | Gambar: Livspace.com

Demi memanfaatkan ruangan minimalis, konsep ruang makan yang menyatu dengan dapur lebih sering dipilih. Selain menghemat ruangan, aktivitas jadi semakin praktis karena dapur dan tempat makan yang dekat. Menyatukan dapur dan ruang makan juga menambah kesan luas. Kamu dan seluruh anggota keluarga bisa lebih fleksibel dalam mengakses dapur dan tempat makan untuk berkumpul.

Kamu bebas mendekorasi ruang makan minimalis tersebut sesuai selera. Paduan warna putih dan cokelat sangat cocok menambah kesan luas dan estetik. Pilihlah furnitur kayu dengan desain unik. Ciptakan suasana lebih meriah dengan menambahkan lukisan bertema cokelat dan putih.

Bertema Earth Tone

Ruang Makan Minimalis Bertema Earth Tone
Ruang Makan Minimalis Bertema Earth Tone | Gambar: Livspace.com

Kamu bisa memilih tema untuk ruang makan minimalis agar sesuai selera seluruh anggota keluarga. Earth tone dapat dipilih untuk mewujudkan tempat makan yang sejuk dan menenangkan. Sesuai dengan namanya, earth tone mengusung warna-warna bumi yaitu cokelat, krem, abu-abu, dan hijau. Untuk menciptakan kesan terang dan luas, warna putih bisa dipilih.

Kombinasi berbagai warna tersebut diterapkan pada pemilihan furnitur. Pilihlah furnitur berwarna cokelat atau krem yang senada dengan gorden. Selain kursi makan, bisa menambahkan sofa agar lebih nyaman. Warna hijau diperoleh dari tanaman dalam pot yang diletakkan di samping tempat makan atau tanaman di dalam vas.

Perabotan Serba Estetik

Ruang Makan Minimalis Perabotan Serba Estetik
Ruang Makan Minimalis Perabotan Serba Estetik | Gambar: Livspace.com

Suasana ruangan ikut ditentukan oleh perabotan yang ada di dalamnya. Ruang makan minimalis dengan perabotan serba estetik mampu memberikan suasana khas. Warna putih bisa dijadikan konsep dasar agar ruangan terkesan luas.

Perabotan estetik tersebut bisa berupa satu set meja dan kursi makan. Kamu bisa menambahkan satu meja lagi untuk diisi hiasan unik atau lampu hias untuk pencahayaan tambahan. Untuk menambah kesan mewah, pilihlah lampu utama yang bentuknya unik dan lukisan yang senada. Penambahan tanaman hias di dalam ruangan juga dapat menyejukkan.

Bertema Cokelat

Ruang Makan Minimalis Bertema Cokelat
Ruang Makan Minimalis Bertema Cokelat | Gambar: Livspace.com

Kondisi ruang yang minimalis jangan sampai menghalangi hadirnya suasana tempat makan yang nyaman. Ruang makan minimalis bertema cokelat mampu menciptakan kesan hangat setiap saat. Kegiatan makan bersama semakin terasa dengan pilihan furnitur terbaik bernuansa cokelat.

Agar seragam, peralatan makan berwarna oranye bisa dipilih. Jika suka ruangan yang estetik, maka tambahkan lukisan yang warnanya padu, seperti bernuansa cokelat, oranye, atau krem. Dinding ruang makan bisa berwarna putih, krem, atau menggunakan marmer.

Baca Juga! 8 Inspirasi Desain Ruang Makan Modern Menarik dan Estetik untuk Keluarga

Konsep Elegan

Ruang Makan Minimalis Konsep Elegan
Ruang Makan Minimalis Konsep Elegan | Gambar: Livspace.com

Konsep modern sekaligus elegan sangat cocok untuk ruang makan minimalis. Tema ruangan bisa memilih warna monokrom dengan sentuhan cokelat agar mewakili kesan elegan. Pencahayaan yang dipilih bisa berupa lampu terang atau yang sedikit temaram. Pilihlah gorden bercorak untuk mendukung kesan elegan.

Meja dan kursi makan yang dipilih juga harus menyatu dengan tema. Tambahkan meja dan rak minimalis di area ruangan untuk meletakkan alat makan dan persediaan minuman yang siap diseduh. Di atas meja, tambahkan hiasan berupa tempat tisu dan bunga di dalam vas.

Perpaduan Oranye Biru

Ruang Makan Minimalis Perpaduan Oranye Biru
Ruang Makan Minimalis Perpaduan Oranye Biru | Gambar: Livspace.com

Perpaduan warna oranye dan biru mampu memberikan nuansa berbeda untuk ruang makan minimalis. Kehangatan dan kedamaian akan tercipta jika menerapkan kedua warna tersebut. Kamu bisa pilih meja kayu dan kursi kayu dengan bantalan oranye. Untuk dinding ruang makan, kamu bisa memberi warna biru di salah satu sisi dan warna putih di sisi lainnya.

Gorden bercorak direkomendasikan untuk menyatukan konsep oranye dan biru. Cermin berukuran sedang dapat ditambahkan untuk memberi kesan lebih luas. Untuk pencahayaannya, pilih lampu utama dan lampu pendukung untuk membuat suasana lebih hangat.

Furnitur dari Kayu

Ruang Makan Minimalis Furnitur dari Kayu
Ruang Makan Minimalis Furnitur dari Kayu | Gambar: Livspace.com

Rekomendasi terakhir adalah ruang makan minimalis dengan furnitur serba kayu. Nuansa klasik dapat diwujudkan dengan memilih furnitur kayu, mulai dari meja, kursi, almari, hingga rak peralatan makan. Sangat direkomendasikan memilih rak dengan kaca transparan atau sedikit blur agar suasana lebih terang.

Setting ruang makan akan lebih menarik jika menambahkan hiasan pada meja berupa bunga atau tanaman dalam vas. Untuk pencahayaan, jangan lupa menggunakan lampu yang terang karena mayoritas furnitur terbuat dari kayu.

Itulah berbagai ide dekorasi ruang makan minimalis yang bebas kamu pilih sesuai selera. Pemilihan konsep, perabotan, pencahayaan, hiasan ruangan. Dapat didiskusikan oleh seluruh anggota keluarga agar semuanya nyaman. Pastikan tempat makan menjadi spot favorit keluarga. Pastikan melengkapi dengan meja makan 1 set dengan kursi dari Olympic Furniture agar berkumpul semakin nyaman.

Rekomendasi 8 Hiasan Kamar Tidur Aesthetic yang Bikin Suasana Homey

6 Dekorasi Ruang Makan Sederhana yang Tetap Estetik