Logo

10 Ide Suasana Rumah Kayu Unik dan Cantik Bernuansa Alam Alami

Rumah kayu selalu memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang mendambakan hunian bernuansa alami dan hangat. Dalam era modern yang serba cepat ini, banyak orang mulai mencari kembali sentuhan alami yang memberikan rasa damai dan kehangatan. Rumah kayu tidak hanya menawarkan kenyamanan visual tetapi juga memberikan suasana yang dekat dengan alam, menjadikannya pilihan ideal bagi yang ingin menggabungkan estetika dengan fungsionalitas.

Inspirasi Rumah Kayu

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah baru atau hanya ingin merenovasi rumah lama dengan sentuhan kayu, inspirasi desain rumah kayu yang unik dan cantik ini dapat menjadi referensi yang tepat. Dari rumah kayu berteras hingga rumah kayu dengan desain minimalis, ada banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Mari kita jelajahi berbagai ide menarik yang dapat mengubah rumah kayu Anda menjadi tempat tinggal yang menawan dan nyaman.

1. Rumah Atap Hitam

Rumah Kayu Unik dan Cantik Atap Hitam | Gambar: Pexel.id
Rumah Kayu Unik dan Cantik Atap Hitam | Gambar: Pexel.id

Tertarik mengadopsi desain bangunan tradisional? Material kayu memang sangat pas digunakan karena mampu memberikan kesan etnik serta estetik yang tidak lekang oleh waktu. Desainnya yang sederhana dan cantik bisa dikombinasikan dengan aneka dekorasi modern agar tidak tampak membosankan. Untuk menambah kesan eksklusif, anda dapat menerapkan atap hitam.

2. Rumah Atap Merah

Rumah Kayu Unik dan Cantik Atap Merah
Rumah Kayu Unik dan Cantik Atap Merah | Gambar: Pexel.id

Untuk menerapkan kesan homey yang nyaman, rumah sederhanamu cocok jika diberi atap merah. Penggunaan warna coklat pada material kayu terasa semakin apik jika pinggiran jendela dan pintu dicat berwarna putih. Agar tidak monoton, gunakan material batu pada bagian bawah rumah.

3. Rumah Kayu Balkon

Rumah Kayu Unik dan Cantik Kayu Balkon
Rumah Kayu Unik dan Cantik Kayu Balkon | Gambar: Pexel.id

Suka bercengkrama atau ngopi? Rumah kayu balkon cocok untukmu karena ada ruang khusus yang bisa digunakan untuk menghirup udara segar. Desain rumah kayu unik dan cantik ini memberikan kesan liburan sehingga siapapun betah berlama-lama disini. Balkonnya berada di bagian depan pintu masuk rumah dan dilengkapi dengan tangga.

Sehingga, desain rumahnya sempurna pada dataran tinggi atau tanah perbukitan. Bisa dibilang bahwa rumah kayu terkesan seperti rumah panggung. Untuk mendukung kesan hangat yang didapatkan dari material kayu, kamu bisa menggunakan pencahayaan lampu berwarna kuning atau oranye.

4. Rumah Kayu Bercerobong

Rumah Kayu Unik dan Cantik Kayu Bercerobong
Rumah Kayu Unik dan Cantik Kayu Bercerobong | Gambar: Pexel.id

Desain rumah kayu unik dan cantik selanjutnya yakni bergaya Eropa karena memiliki cerobong asap di samping kanannya. Kehadiran cerobong ini mendukung kenyamanan penghuni selama musim dingin dimana salju turun dan suhu menjapai di bawah 0 derajat Celcius. Untuk menghangatkan diri, kamu bisa membakar kayu di perapian.

Dengan adanya cerobong asap, hasil bakaran terbawa keluar rumah dengan baik sehingga penghuni tidak akan terganggu dan sesak nafas. Bagian dalam rumah pun terasa semakin nyaman dan hangat. Hal ini sempurna digunakan berkumpul bersama anggota keluarga.

Baca Juga! Inspirasi Contoh Rumah Kayu Sederhana Tampilan Back to Nature

5. Rumah Kayu Berteras

Rumah Kayu Unik dan Cantik Kayu Berteras
Rumah Kayu Unik dan Cantik Kayu Berteras | Gambar: Pexel.id

Desain rumah kayu yang tidak kalah nyaman yakni dengan teras yang dilengkapi perapian. Selain di dalam ruangan, kamu juga bisa menghadirkan kehangatan di luar ruangan dengan sistem perapian yang berada di tengah teras dan dikelilingi tempat duduk yang nyaman. Dengan begitu, kamu bisa merasakan udara segar sekaligus kehangatan di tengah cuaca yang dingin.

Bahkan, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk pesta barbeque atau bakar-bakar bersama anggota keluarga. Kamu pun tidak perlu khawatir akan udara pengap karena berada di ruangan terbuka. Pada cuaca hujan, kamu dapat membuka payung teduh disampingnya. Dengan gaya rumah kayu, pilihlah kursi panjang berbahan sama agar serasi.

6. Rumah Berteras dengan Sofa

Rumah Kayu Unik dan Cantik Berteras dengan Sofa
Rumah Kayu Unik dan Cantik Berteras dengan Sofa | Gambar: Pexel.id

Pilihan desain rumah kayu yang tidak kalah menarik yakni dengan teras yang dilengkapi beberapa sofa empuk dan nyaman. Sama seperti desain sebelumnya, rumah ini juga memiliki sistem perapian tetapi menyatu pada dinding. Dengan begitu, asap hasil bakar tidak akan tersebar kemana-mana.

Kamu bisa meletakkan meja di depan perapian yang dikelilingi sofa single bed dan triple bed. Sehingga, acara kumpul keluarga terasa nyaman dilakukan disini sambil menghangatkan diri. Terasnya yang luas juga sempurna untuk dijadikan tempat pesta barbeque. Rumah kayu ini juga menerapkan material batu dan besi pada detailnya.

7. Rumah Kursi Kayu

Rumah Kayu Unik dan Cantik Kursi Kayu
Rumah Kayu Unik dan Cantik Kursi Kayu | Gambar: Pexel.id

Jika kamu memiliki meja dan kursi kayu yang tidak dipakai, bisa juga diletakkan di teras depan rumah. Rumah lantai satu ini juga lebih mengutamakan penggunaan material kayu pada mulai dari pintu, jendela hingga dindingnya. Tambahkan beberapa tanaman hias di sekitar rumah baik secara ditempel maupun digantung untuk menambah kesan asri.

Selain kayu, desain rumah ini juga menggunakan material batu pada lantai teras. Berbeda dengan rumah pada umumnya, posisi pintu masuk berada di depan menyamping. Ada juga cerobong asap sederhana yang tidak terlalu tinggi. Rumah unik ini mengutamakan fungsi jendela di setiap sisinya.

8. Rumah Minimalis Bertaman

Rumah Kayu Unik dan Cantik Minimalis Bertaman
Rumah Kayu Unik dan Cantik Minimalis Bertaman | Gambar: Pexel.id

Bagi kamu yang berencana untuk tinggal sendiri atau hanya dengan pasangan, rumah kayu minimalis bertaman cocok diterapkan. Tidak perlu khawatir akan lahan yang sempit karena kamu bisa mewujudkan rumah impian sederhana dengan bagian depan berupa pintu masuk dan jendela di sisi kanan, kiri dan atasnya.

Berikan ruang di depan pintu rumah sebagai teras mini. Kamu bisa menambahkan kursi, pot dan dekorasi rumah sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai ruang bersantai. Jika kamu suka berkebun, kamu dapat menyalurkan hobi dengan menanam tanaman favorit di depan teras.

9. Rumah Minimalis Segitiga

Rumah Kayu Unik dan Cantik Minimalis Segitiga
Rumah Kayu Unik dan Cantik Minimalis Segitiga | Gambar: Pexel.id

Rumah minimalis segitiga atau triangular house ialah rumah dua lereng simetris mirip tenda yang terbuat dari kayu. Desain ini memiliki ujung sisi kanan kiri yang menjuntai dan menyentuh tanah. Sehingga, atapnya memiliki dua fungsi baik sebagai atap maupun dinding rumah.

Rumah minimalis yang terkesan klasik dan hangat sehingga bisa menjadi inspirasi desain yang menarik. Biasanya, konsep rumah ini berbentuk pelana dan berupa panggung. Kamu pun bisa menambahkan balkon di sisi sampingnya. Agar tidak cepat kotor, pilihlah warna hitam pada atapnya.

10. Rumah Kayu Salju

Rumah Kayu Unik dan Cantik Salju
Rumah Kayu Unik dan Cantik Salju| Gambar: Pexel.id

Ingin rumah kayu tampak cantik saat musim salju? Kamu bisa mengutamakan penggunaan atap rumah yang lebar. Sehingga saat salju turun, atap menjadi warna putih dan memberikan kesan manis dan cantik khas musim dingin. Penggunaan jendela juga optimal sehingga memberikan kesan luas, bersih dan modern pada rumah.

Di sepanjang sisi rumah mulai dari depan, belakang, kanan hingga kiri memiliki lampu tempel atau gantung. Dengan begitu, rumah tidak akan gelap saat malam hari. Pada bagian depan rumah, terdapat balkon yang bisa dijadikan sebagai tempat bercengkrama. Rumah beratap segitiga ini juga berupa panggung sehingga memiliki tangga di depannya.

Dengan berbagai ide desain rumah kayu yang unik dan cantik ini, kamu dapat menemukan inspirasi yang tepat untuk menciptakan hunian impian. Setiap desain menawarkan sentuhan khas yang membawa kehangatan dan keindahan alami ke dalam rumah. Untuk meningkatkan kenyamanan kamu dirumah, lengkapi juga dengan meja ruang tamu, kursi minimalis, sofa bed, lemari hias, rak tv dan rak serbaguna dari Olympic Furniture.

Ide 8 Desain Rumah Kayu Minimalis Modern, Nyaman dan Estetik

8 Inspirasi Dekorasi Kamar Japandi agar Tidur Maksimal dan Nyaman