Logo

Inspirasi Contoh Rumah Kayu Sederhana Tampilan Back to Nature

Dalam mencari inspirasi untuk membangun rumah kayu sederhana yang cantik, kamu pasti dihadapkan pada beragam pilihan yang memikat. Mulai dari desain klasik yang sederhana hingga konsep modern yang memadukan estetika alami dengan gaya kontemporer. Pada kesempatan kali ini, akan menghadirkan serangkaian contoh rumah kayu yang menginspirasi, menjembatani pertemuan antara keaslian material kayu dengan keindahan desain yang sederhana namun menarik. Yuk, mari eksplorasi bersama ragam model rumah kayu sederhana nan cantik untuk menemukan inspirasi yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu:

Inspirasi Estetik Rumah Kayu

1. Rumah Kayu Klasik

Rumah Kayu Klasik
Rumah Kayu Klasik | Gambar: Wallpaperflare.com

Rumah kayu klasik punya nuansa yang lebih sederhana, natural, dan tidak memiliki desain yang rumit. Umumnya, contoh rumah kayu sederhana ini tampak seperti rumah kabin di tengah hutan. Namun konstruksi rumah kayu sederhana dibuat sedemikian rupa agar lebih kuat melawan kerasnya cuaca.

Biasanya desain ini memiliki motif atau desain sederhana tanpa banyak sekat yang rumit. Alhasil, tampak fasad nya cenderung simpel seperti rumah berbentuk kotak. Modelnya tidak berlebihan, yang penting adalah fungsional. Agar lebih kuat, biasanya konstruksi kayu disusun horizontal dan dipadukan dengan bahan batu sebagai pondasi.

2. Rumah Kayu Panggung

Rumah Kayu Panggung
Rumah Kayu Panggung | Gambar: Gebyokukiranjepara.com

Gambar rumah kayu panggung diidentifikasikan dengan bagian rumah yang dibangun lebih tinggi. Gaya rumah panggung seperti ini cukup sering ditemukan seperti rumah khas Indonesia. Namun, konsepnya bisa dimodernisasi dengan desain dan konstruksi yang lebih fungsional, kuat, dan juga tahan bencana banjir atau gempa.

Tinggi dari panggung sendiri bisa saja disesuaikan dengan fungsi atau kebutuhan. Ada desain yang dibuat dengan lantai bawah setinggi tembok, sehingga bisa difungsikan sebagai tempat nongkrong atau parkir. Tiang panggung hingga material utama untuk konstruksi pun bisa menggunakan kayu yang lebih kuat atau kombinasi batu.

3. Rumah Kayu Mungil

Rumah Kayu Mungil
Rumah Kayu Mungil | Gambar: Countryliving.com

Contoh rumah kayu sederhana yang satu ini bisa jadi inspirasi untuk ruang tambahan atau rumah liburan yang santai. Bentuknya yang mungil atau kecil memberikan kesan yang menarik dan juga unik. Selain itu, cocok sekali untuk area rumah yang terbatas dengan material kayu yang lebih mudah didapatkan pula.

Biasanya, rumah kayu mungil hanya memiliki satu atau dua ruang. Namun bisa dimaksimalkan dengan kebutuhan dan penataan. Seperti di contoh ini, rumah kayu dibuat di atas roda seperti trailer. Dimana bagian tembok dari kayu dan atap berwarna metal. Jadi bisa lebih ringan jika ingin dipindah lokasi.

4. Rumah Kayu Minimalis

Rumah Kayu Minimalis
Rumah Kayu Minimalis | Gambar: Theluxhome.com

Desain minimalis sedang naik daun. Dan penggunaan material kayu untuk rumah bisa jadi pemanis gaya minimalis yang tidak terlalu ramai. Seperti contoh di atas. Kesan minimalis didapat dari bentuk rumah yang sederhana, minimnya warna, dan juga motif yang berlebihan. Bahkan, bahan kayu jadi pilihan utama.

Yang membuatnya menarik adalah pemilihan warna dan struktur. Dinding kayu dipernis agar menonjolkan motifnya yang indah. Sedangkan area bingkai jendela, pintu, atap, dan beberapa item diberi warna hitam. Kontrasnya tidak berlebihan sehingga tampak lebih modern, bersih, sederhana, dan tajam.

5. Rumah Kayu Modern

Rumah Kayu Modern
Rumah Kayu Modern | Gambar: Theluxhome.com

Rumah kayu modern juga bisa menjadi sebuah contoh rumah kayu sederhana yang menarik. Ya, rumah modern tidak harus mahal atau besar. Tapi bisa didapat dengan referensi gaya bangunan yang menarik. Seperti kombinasi bahan kayu dan warna solid yang netral. Yang mana memberikan titik pandangan pada motif kayu yang cantik.

Agar tampilan rumah terlihat modern, kamu bisa gunakan jendela dan pintu besar. Bisa juga pakai gaya open space area sehingga rumah tampak lapang. Agar memberi dimensi pada ruangan, kamu juga bisa gunakan gaya plafon bertumpuk. Yang mana membuat plafon tampak terangkat dan menjadi hiasan ruang.

Baca Juga! 5 Warna Jendela Rumah Minimalis Tampil Maksimal

6. Rumah Kayu Khas Jepang

Rumah Kayu Khas Jepang
Rumah Kayu Khas Jepang | Gambar: Wallpaperflare.com

Berbicara rumah kayu tentu tidak bisa lepas dari hunian khas Jepang. Negara sakura tersebut dikenal akan kerajinan bangunan kayu yang indah dan kuat. Bahkan ada ciri khas tersendiri. Seperti contohnya penggunaan kayu untuk bahan teras rumah yang menghadap taman. Kemudian penggunaan material kayu untuk bagian interior atau struktur.

Seperti lantai, plafon, dan juga perabotan kayu. Salah satu yang cukup khas adalah penggunaan kayu untuk jendela. Bahkan, strukturnya pun pakai panggung pendek atau pondasi yang bikin rumah lebih tampak adem dan kalem. Contoh rumah kayu sederhana ala Jepang ini memberikan esensi alami, sederhana, dan open space.

7. Rumah Kayu Ala Eropa

Rumah Kayu Ala Eropa
Rumah Kayu Ala Eropa | Gambar: Theluxhome.com

Contoh yang satu ini bisa dikatakan punya ciri khas gaya Eropa, yang mana tampak lebih mewah atau lebih ke arah hunian yang luas. Secara gaya ada perpaduan struktur bangunan berbentuk persegi dan lingkaran untuk kesan dan dimensi yang unik. Permainan warna juga jadi ciri khas dari bangunan ala Eropa.

Seperti yang dilihat, permainan warna kayu dinding lebih cerah dengan aksen warna putih di bagian garis. Penggunaan jendela yang tinggi juga memberikan cahaya natural dan kesan tradisional. Contoh Rumah Kayu Sederhana dengan Konsep ini juga kerap dikenal punya plafon tinggi untuk membuat rumah tampak lebih luas dan besar.

8. Rumah Kayu Rustic

Rumah Kayu Rustic
Rumah Kayu Rustic | Gambar: Wallpaperflare.com

Rustic sebenarnya adalah sebuah tema atau tampilan yang dijadikan sebuah aspek estetika yang erat kaitannya dengan bahan kayu. Seperti contoh rumah berikut yang tampak seakan seperti rumah lawas dengan gaya bangunan kuno. Rustic sendiri kerap disalahartikan sebagai konsep yang lusuh dan tidak enak dipandang.

Namun jika diterapkan dengan baik, maka bisa menjadi pusat penampilan yang indah. Seperti kombinasi warna, tata letak, dan temanya. Di contoh ini, tampilan rustik justru memberikan kesan alami, kuat, dan juga hangat. Penggunaan material kayu tampak dari lantai bermotif alami, meja besar, dan kabinet dapur yang cantik.

9. Kombinasi Kayu Batu

Kombinasi Kayu Batu
Kombinasi Kayu Batu | Gambar: Wallpaperflare.com

Dua material alami, kayu dan batu kerap digunakan untuk kombinasi bangunan yang indah. Seperti contoh rumah kayu sederhana berikut. Material batuan umumnya digunakan sebagai bahan pondasi yang lebih padat, kuat, dan juga tahan dengan terpaan cuaca ekstrem. Terutama air dan binatang.

Kombinasi batu dan kayu juga tampak begitu indah dari segi visual warna. Kontrasnya enak dilihat dan tidak saling menabrak. Bahkan, cocok untuk memberikan tampilan fasda yang elegan, mewah, menawan, bahkan sederhana. Meski demikian, penggunaan batu juga perlu perawatan agar tidak terlihat kusam.

Dalam memilih desain rumah kayu sederhana, setiap contoh yang dipresentasikan di atas memberikan karakteristik yang unik dan menarik. Dari rumah kayu klasik yang sederhana hingga konsep modern yang elegan, kamu memiliki banyak opsi untuk menyesuaikan rumah impian dengan gaya hidupmu. Selain itu, untuk dekorasi furniture juga lengkapi dengan lemari pakaian, meja rias, springbed, meja makan dari Olympic Furniture yang memiliki desain minimalis dan cocok untuk mendukung suasana rumah kayu.

Promo Ramadan Olympic Furniture JadiLebihBaik

8 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis yang Bisa Kamu Tiru