Logo

7+ Ide Terbaru Desain Ruang Tamu Minimalis Homey dan Super Nyaman

Desain ruang tamu menjadi cerminan kenyamanan dan gaya hidup penghuni rumah. Bagi kamu yang menginginkan suasana minimalis namun tetap hangat dan nyaman, berbagai konsep desain ruang tamu minimalis homey bisa menjadi inspirasi. Salah satu cara untuk mencapai keseimbangan antara fungsionalitas dan estetika adalah dengan memanfaatkan konsep minimalis, memilih kombinasi warna kontras, dan menambahkan sentuhan personal melalui elemen-elemen seperti sofa minimalist atau aksen tanaman.

Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

Beberapa ide desain ruang tamu minimalis dibawah tentu bisa menjadi referensimu dalam mendekorasi ruang tamu menjadi tempat yang penuh dengan kehangatan dan memberikan kenyamanan maksimal. Yuk, simak!

Gunakan Partisi Minimalis

Gunakan Partisi Minimalis
Gunakan Partisi Minimalis | Gambar: Livspace.com

Rumah dengan konsep open space memang saat ini sedang menjadi trend, karena dapat memberikan kesan yang luas pada ruangan. Akan tetapi, konsep tersebut mungkin dirasa kurang dalam hal privasi. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan partisi minimalis pada ruang tamu. Sehingga area ruang tamu dapat terpisah dari area rumah lainnya, namun tidak terkesan penuh sesak.

Apalagi partisi tersebut punya sekat-sekat penyimpanan yang memungkinkan kamu meletakkan berbagai dekorasi di sana. Misalnya kamu bisa meletakkan diffuser di sana untuk melengkapi desain ruang tamu minimalis homey ini. Lebih nyaman lagi, beri tambahan AC pada ruangan dan bantal empuk di atas sofa.

Kombinasi Warna Kontras

Kombinasi Warna Kontras
Kombinasi Warna Kontras | Gambar: Livspace.com

Siapa bilang ruang tamu simple tidak bisa mengaplikasikan kombinasi warna yang kontras ? Banyak orang tidak berani menerapkan warna interior yang nabrak karena khawatir akan terlihat berlebihan dan lebay. Padahal dengan kombinasi warna yang tepat, kamu bisa mendapatkan ruang tamu yang nyaman.

Seperti desain kombinasi warna kontras antara hijau olive dengan biru tosca. Meskipun terdengar seperti warna yang tidak dapat menyatu antara satu sama lain, siapa sangka jika ruang tamu akan terlihat cantik menggunakan sofa dengan dua warna tersebut. Bahkan kamu bisa menambahkan bantal sofa motif, sehingga tidak perlu repot lagi menghadirkan hiasan dinding.

Gunakan Sofa Motif

Gunakan Sofa Motif
Gunakan Sofa Motif | Gambar: Livspace.com

Selain bantal sofa motif, tidak ada salahnya mempertimbangkan sofa dengan kain yang bercorak. Jika kamu bosan dengan style yang biasa-biasa saja, maka desain ruang tamu minimalis homey dengan sofa bercorak seperti ini dapat diterapkan di rumah.

Tidak berlebihan, karena sofa punya warna dasar putih meskipun dihiasi oleh motif bunga-bunga biru. Dan cukup dua buah saja, tidak perlu terlalu banyak. Selebihnya dapat dikombinasikan dengan sofa polos untuk menetralkan kesan yang ada. Karena sofa sebagai elemen utama di ruang tamu sudah cukup nyentrik, maka dinding dan lantai sebaiknya dibiarkan polos.

Baca Juga! Tips Membuat Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

Bohemian dengan Aksen Tanaman

Bohemian dengan Aksen Tanaman
Bohemian dengan Aksen Tanaman | Gambar: Cyruscrafts.com

Ruang tamu nyaman dengan tema bohemian yang diberi aksen tanaman seperti ini bisa kamu tiru di rumah, khususnya jika kamu termasuk orang yang aesthetic. Karena bohemian style memadukan antara unsur vintage, etnik, dan hippie yang terlihat begitu artistik. Ada sofa dengan bantal, meja kayu kecil, rak penyimpanan, dan rak gantung untuk dekorasi.

Semuanya memiliki sentuhan warna cokelat yang membuat kesan vintage dan etnik begitu terasa. Kemudian beri tambahan aksen tanaman di beberapa titik untuk membuat ruang tamu lebih cozy dan super nyaman. Misalnya kamu bisa meletakkan tanaman di meja maupun di rak gantung.

Bergaya Klasik

Bergaya Klasik
Bergaya Klasik | Gambar: Hemansionfurniture.com

Desain ruang tamu minimalis homey bergaya klasik terinspirasi dari era lampau yang begitu mempesona. Tema ini mencerminkan kemewahan abadi dengan atmosfer yang memikat hati dan sentuhan elegan. Gaya klasik ini banyak menghadirkan warna cokelat yang elegan pada berbagai furniturnya.

Furniture yang digunakan antara lain sofa dengan sandaran lengan yang elegan, meja kayu dengan ukiran cantik, meja lampu, standing lamp, karpet berbulu yang tampak mewah, serta beberapa dekorasi dinding yang menawan. Semua perpaduan tersebut menciptakan ruang tamu yang terlihat mewah dan sangat nyaman.

Bergaya Industrial

Bergaya Industrial
Bergaya Industrial | Gambar: Fowlerbrothersco.com

Gaya industrial dengan dinding yang terkesan unfinished terlihat begitu menarik, membuatnya menjadi salah satu desain interior yang banyak disukai masyarakat. Kamu juga bisa memiliki ruang tamu simple yang cantik dengan menerapkan tema desain tersebut.

Bagian dinding menampilkan batu bata yang terekspos, kemudian diberi sentuhan lampu gantung yang temaram dengan meja kecil terbuat dari kayu sebagai tempat lampu. Kombinasi elemen-elemen tersebut membuat gaya industrial terasa semakin menonjol dan menghadirkan kesan yang cozy pada ruang tamu.

Gaya Japandi Natural

Gaya Japandi Natural
Gaya Japandi Natural | Gambar: Decorilla.com

Desain ruang tamu minimalis homey dengan gaya Japandi natural tidak kalah dikagumi oleh banyak orang. Penataannya yang sedemikian rupa dan sangat cermat membuat ruang tamu terasa lega. Setiap furniture diletakkan secara efisien sehingga desain ini cocok diterapkan pada berbagai ukuran ruangan, sangat fleksibel.

Tone warna netral dan cerah pada furnitur mampu memberikan kesan simpel dan homey pada ruangan. Kamu bisa menambahkan meja kayu dan karpet di bawahnya untuk melengkapi interior tersebut. Dapat pula diberi tambahan tanaman hias untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk.

Dominasi Warna Putih

Dominasi Warna Putih
Dominasi Warna Putih | Gambar: H-cdn.co

Dominasi warna putih pada interior memang tidak pernah mengecewakan. Karena warna putih ini memberikan kesan yang bersih dan elegan, serta mampu membuat ruang tamu terkesan lebih luas. Kamu bisa menggunakan perabotan berwarna serba putih dengan sedikit aksen kayu. Adanya aksen kayu tersebut akan memberikan sentuhan alami yang membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Supaya tidak monoton, beri tambahan dekorasi dinding seperti lukisan berukuran besar yang diletakkan pada center untuk melengkapi desain ruang tamu minimalis homey ini. Dindingnya pun tidak harus selalu putih polos, tapi dapat pula dinding putih yang berpola atau bertekstur agar terlihat lebih menarik.

Dengan memilih salah satu dari ide desain ruang tamu minimalis homey di atas, kamu dapat menciptakan ruang tamu yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional namun juga mencerminkan selera dan kehangatan rumah. Lengkapi juga ruang tamu dengan furnitur seperti sofabed, meja rv, rak penyimpanan serbaguna, lemari sepatu dan meja tamu dari Olympic Furniture. Pic Pic Olympic!

8 Inspirasi Interior Kamar Tidur Minimalis Aesthetic, Bikin Betah!

8 Inspirasi Desain Ruang Makan Modern Menarik dan Estetik untuk Keluarga