Logo

8 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis, Bikin Tamu Betah

Punya ruang tamu dengan ukuran yang mungil, bukan berarti membuatmu tidak bisa memberi sentuhan magis pada desainnya. Malahan, ada banyak kok inspirasi desain untuk ruang tamu minimalis, yang dipastikan bakal bikin tamu betah berlama-lama di ruang tamumu. Nih beberapa referensi inspirasi desain yang bakal cocok untuk ruang tamumu yang berukuran minimalis.

1. Ruang Tamu Minimalis dengan Sentuhan Nuansa Warna Abu-Abu

Beri Sentuhan Nuansa Warna Abu-Abu
Ruang Tamu Minimalis dengan Sentuhan Nuansa Warna Abu-Abu

Untuk ruang tamu yang berukuran minimalis, sangat disarankan kamu untuk memberinya sentuhan atau nuansa warna abu-abu. Dinding ruang tamu yang dicat dengan warna abu-abu akan makin menonjolkan kesan minimalis, sekaligus memberi sentuhan elegan di ruangan tersebut. Jadi, dijamin ruang tamu bakal kelihatan ciamik.

Selain nuansa abu-abu pada dinding ruang tamu, nuansa abu-abu juga bisa kamu hadirkan melalui perabotan yang mengisi ruang tamu tersebut. Entah itu meja, sofa, vas bunga, ataupun hiasan dinding, kamu bisa pilih yang warnanya bercorak abu-abu. Agar tidak terkesan monoton, kamu bisa beri sedikit aksen warna lain, seperti krem atau cokelat.

2. Taruh Cermin di Dinding Ruang Tamu

Taruh Cermin di Dinding Ruang Tamu
Taruh Cermin di Dinding Ruang Tamu

Ukuran ruang tamu yang mungil bisa kamu siasati untuk terasa lebih lapang dengan menaruh cermin di dinding ruang tamu. Pantulan ruang tamu di cermin inilah yang bakal membuat ruang tamu terasa lebih lega. Kamu bisa pilih cermin dengan desain yang unik, seperti cermin dengan bingkai kayu yang dipahat, agar meningkatkan daya tarik ruang tamu minimalis tersebut.

Nah, agar efek lebih luas bisa dihasilkan oleh penggunaan cermin, kamu harus tahu nih tempat-tempat yang tepat untuk meletakkan cermin tersebut. Kamu bisa taruh cermin gantung di antara 2 dinding rumah yang ruangnya terbilang sempit, di dinding yang berada di arah belakang atau depan sofa, ataupun cermin lantai berukuran besar yang ditaruh di sudut rumah. 

3. Pilih Perabotan yang Tidak Makan Tempat dan Multifungsi

Pilih Perabotan yang Tidak Makan Tempat dan Multifungsi
Pilih Perabotan yang Tidak Makan Tempat dan Multifungsi

Sangat disarankan kamu untuk memilih furniture yang tidak memakan tempat untuk ditaruh di ruang tamu minimalis milikmu. Pasalnya, jika perabotan berukuran besar dan banyak memakan tempat, ruang tamu malah akan terasa sempit. Selain perabotan yang ukurannya tidak terlalu besar, kamu juga bisa pilih hanya perabotan yang memang benar-benar diperlukan saja untuk ditaruh di ruang tamu.

Agar bisa menghemat tempat, kamu juga bisa pilih perabotan yang multifungsi untuk diletakkan di ruang tamu. Misalnya saja, alih-alih membeli meja dan rak laci terpisah untuk diletakkan di ruang tamu, kamu bisa beli meja multifungsi yang sudah sekaligus tergabung dengan rak laci. Percaya deh, akan banyak ruang yang bisa dihemat dengan desain ruangan satu ini.

4. Padukan Warna Putih dan Krem di Ruang Tamu Minimalis

Padukan Warna Putih dan Krem
Padukan Warna Putih dan Krem di Ruang Tamu Minimalis

Perpaduan warna putih dan krem juga bakalan cocok untuk desain ruang tamu minimalis di rumahmu. Kamu bisa cat dinding ruang tamu dengan warna putih, lalu isi ruang tamu dengan perabotan yang berwarna krem. Pilihan kedua warna ini bakal memberi kesan lembut, lapang, dan bersih di ruang tamu.

Kalau kamu ingin ada kesan natural di ruang tamu minimalis tersebut, kamu bisa pilih perabotan yang terbuat dari kayu atau pun memiliki aksen kayu. Tidak lupa, hadirkan tanaman hias yang ditaruh pada vas bunga berukuran mungil, agar kesan natural-nya semakin menonjol. Jika sudah begini, yakin deh ruang tamu minimalismu bakal jadi favoritnya para tamu.

5. Tata Ruang Tamu dengan Rapi dan Teratur

Tata Ruang Tamu dengan Rapi dan Teratur
Tata Ruang Tamu dengan Rapi dan Teratur

Salah satu kunci desain ruang tamu minimalis adalah menata perabotan yang ada di ruang tamu dengan rapi dan teratur. Jika penataannya awut-awutan dan malah seperti menumpuk di satu titik, malah akan menambah kesan sempit pada ruang tamu yang ukurannya memang sudah kecil dari sananya.

Penataan perabotan dengan rapi dan teratur di ruang tamu yang berukuran mungil, juga akan membuat sirkulasi udara dan masuknya cahaya akan optimal. Kamu tidak akan merasa sumpek berada di sana, begitu pun dengan tamu yang datang berkunjung nantinya. Kerapian dan keteraturan ruang tamu juga bakal jadi gambaran karakter kamu sebagai pemilik rumah.

6. Hadirkan Nuansa Hijau dengan Tanaman Hias

Hadirkan Nuansa Hijau dengan Tanaman Hias
Hadirkan Nuansa Hijau dengan Tanaman Hias

Nuansa hijau juga sangat cocok dihadirkan pada ruang tamu minimalis. Kamu bisa letakkan tanaman hias di ruang tamu untuk menghadirkan nuansa hijau tersebut. Tanaman hiasnya tidak perlu terlalu banyak. Kamu bisa taruh satu atau dua tanaman hias berwarna hijau dengan ukuran besar di sudut ruang tamu atau bisa juga tanaman hias berukuran kecil untuk diletakkan di atas meja tamu.

Kehadiran tanaman hias di ruang tamu, akan menghadirkan nuansa segar di ruangan tersebut. Selain itu, tanaman hias juga bakal indah dipandang, sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi para tamu yang datang ke sana atau pun bagi kamu yang merupakan tuan rumah. Jadi, siap-siap aja menerima pujian akan desain ruang tamumu tersebut.

7. Padukan Nuansa Monokrom dengan Perabotan Besi atau Kayu

Padukan Nuansa Monokrom dengan Perabotan Besi atau Kayu
Padukan Nuansa Monokrom dengan Perabotan Besi atau Kayu

Ide desain ruang tamu minimalis selanjutnya adalah menghadirkan nuansa monokrom di ruang tamu. Warna monokrom akan memberi kesan sederhana sekaligus luas pada ruangan. Agar ruang tamu minimalis makin terlihat menarik, kamu bisa pilih perabotan yang terbuat dari bahan besi atau kayu yang tidak terlalu tebal ukurannya, sehingga tidak membuat ruangan jadi terkesan sesak.

Untuk pilihan warna monokromnya sendiri, kamu punya beberapa opsi nih. Kamu bisa pilih warna hitam, putih, abu-abu, hijau, bahkan biru. Jika tidak ingin monoton hanya dengan satu warna saja, kamu bisa kombinasi warna monokrom tersebut, seperti warna hitam dan putih atau warna putih dan abu-abu.

8. Sempurnakan Desain dengan Pajangan Gantung

Sempurnakan Desain dengan Pajangan Gantung
Sempurnakan Desain dengan Pajangan Gantung

Berhubung area ruang tamu yang tidak terlalu luas, kamu biasa letakkan hiasan untuk ruang tamu di pajangan gantung. Pajangan gantung ini akan menghemat ruang karena diletakkan di dinding. Kamu bisa taruh foto-foto, pot tanaman hias berukuran mini, ataupun pernak-pernik lainnya yang bisa membuat ruang tamu minimalismu jadi kelihatan estetik.

Agar pajangan gantung tidak hanya sekadar jadi tempat menaruh barang saja, kamu bisa sekaligus menjadikannya hiasan ruang tamu. Pilihlah pajangan gantung yang unik, misalnya terbuat dari kayu dan memiliki desain yang estetik, sehingga makin menambah nilai plus untuk ruang tamu minimalismu di mata para tamu.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi desain ruang tamu minimalis dirangkum untukmu yang memiliki ruang tamu mungil. Jangan berkecil hati karena ruang tamu di rumahmu yang tidak begitu luas. Walaupun ukurannya terbatas, tetap saja kamu bisa menyulapnya menjadi tempat yang nyaman untuk ditempati dengan mengaplikasikan desain yang ciamik. Lengkapi ruang tamu dengan sofa, meja tamu dan lemari pakaian dari Olympic Furniture.

7 Tren Desain Kamar Tidur Minimalis, Ruangan Terasa Luas

6 Tips Desain Ruang TV Minimalis Modern untuk Rumah Anda