Logo

8 Rekomendasi Desain Ruang Keluarga Minimalis, Suasana Bikin Nyaman

Menghadirkan ruang keluarga minimalis yang nyaman adalah impian bagi semua keluarga banyak. Ruang keluarga bukan hanya tempat untuk berkumpul, tetapi juga mencerminkan kepribadian dan gaya hidup keluarga. Dengan berbagai ide dan inspirasi desain yang tersedia, menciptakan ruang keluarga yang minimalis namun nyaman dapat menjadi tantangan yang menarik.

Desain Ruang Keluarga yang Minimalis

Dalam artikel ini, akan memberikan rekomendasi desain ruang keluarga minimalis yang tidak hanya estetis, tetapi juga fungsional dan bisa berlama-lama untuk bersantai. Mari temukan inspirasi yang tepat untuk menciptakan ruang keluarga impian.

1. Desain Ruangan Modern

Desain Ruang Keluarga Modern
Desain Ruang Keluarga Modern | Gambar: Amazonaws.com

Apabila kamu ingin menjadikan ruang keluarga ini sebagai tempat yang nyaman maka perlu melengkapinya dengan dekorasi menarik. Salah satu referensi terbaiknya yaitu dengan membuat desain ruangan bergaya modern. Konsep modern ini tidak selalu didapatkan dengan menggunakan produk atau furniture yang mewah dan mahal saja.

Kamu bisa menggunakan jenis furniture yang sederhana namun memberikan kesan unik dan menarik seperti lampu, bantal unik hingga model kursi menarik. Selain itu, penambahan beberapa foto atau lukisan juga bisa meningkatkan kesan estetik. Sebagai rekomendasi terbaiknya, kamu bisa memilih menggunakan contoh desain ruang keluarga ini!

2. Ruangan Semi Outdoor

Desain Ruang Keluarga Semi Outdoor
Desain Ruang Keluarga Semi Outdoor | Gambar: Lamudi.co.id

Jika kamu menyukai ruangan terbuka, maka ide desain ruang keluarga minimalis ini mampu dijadikan pilihan terbaiknya. Lokasi dari ruang keluarga ini umum terletak di bagian tengah hunian namun tidak ada salahnya jika kamu meletakkannya di belakang rumah dan berdekatan dengan taman belakang. Desain ini memang sangat unik dan menarik untuk dicoba.

Lokasi ruangan yang berada di belakang rumah membuatnya terkesan lebih privasi dan nyaman dijadikan tempat berkumpul bersama dengan keluarga. Ketika kamu menerapkan desain semi outdoor ini tentunya mampu menikmati sejuknya angin malam dan juga sinar matahari pagi. Suasananya tentu sangat syahdu dan menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Adanya kaca besar yang menjadi penghalang atau penghubung antara ruang tamu dengan taman belakang membuatnya terkesan sangat estetik. Dapat dipastikan bahwa ruang keluarga ini mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang karena bisa melihat pemandangan hijau taman belakang. Desain unik ini memang sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Baca Juga! 9 Cara Menata Desain Ruang TV Bikin Nyaman

3. Desain Bertema Japandi

Desain Ruang Keluarga Bertema Japandi
Desain Ruang Keluarga Bertema Japandi | Gambar: Amazonaws.com

Desain yang satu ini cukup populer di kalangan kaum milenial karena memadukan beberapa elemen Jepang dan Skandinavia sehingga ruang keluarga terlihat lebih modern dan berkelas. Ketika memilih desain Japandi, tentu tidak selalu berkaitan dengan bangku lesehan. Kamu bisa memilih menggunakan sofa klasik berwarna netral yang cantik dan menawan.

Gaya Jepang dan Skandinavia yang minimalis membuatnya terkesan sangat manis dan nyaman untuk dijadikan sebagai ruang keluarga. Semua anggota keluarga tentu akan bisa merasakan ketenangan dan kegembiraan ketika berkumpul di ruangan dengan gaya Japandi ini. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan desain ruangan unik yang satu ini?

4. Desain Ruangan Sederhana

Desain Ruang Keluarga Ruangan Sederhana
Desain Ruang Keluarga Ruangan Sederhana | Gambar: Jogjakeren.com

Untuk desain ruangan berikutnya yang bisa diterapkan yaitu dengan membuat ruang keluarga berdesain sederhana. Jenis desain ruangan ini sangat cocok diterapkan untuk ukuran ruangan minimalis dengan tipe 21 atau 36. Cara dekorasi yang tepat yaitu dengan menambahkan sofa 2 seater, nakas dan kursi ottoman di bagian sudut rumah.

Desain tersebut tentunya akan terlihat sangat menarik dan indah. Menjadikannya ruang keluarga tentunya akan memberikan kenyamanan. Jenis desain ruangan ini cocok diterapkan untuk kamu yang tinggal bersama dengan keluarga kecil. Tambahan dekorasi berupa lampu hias serta pajangan dinding membuat desain ruang keluarga minimalis menjadi lebih nyaman.

5. Desain Shabby Chic

Desain Ruang Keluarga Shabby Chic
Desain Ruang Keluarga Shabby Chic | Gambar: Idntimes.com

Apakah kamu sudah pernah mendengarnya? Desain ruangan ini cukup berkesan bagi sebagian orang karena mampu menciptakan suasana yang tentram dengan dekorasi ruangan dipenuhi bunga hias serta furniture bertema floral. Tema yang satu ini terkesan sangat manis dan cocok dijadikan sebagai pilihan desain ruang keluarga.

Meskipun desain ruangan yang satu ini terkesan sangat feminim, namun sebenarnya mampu memberikan kesan estetik jika kamu pandai merangkai dan menata ruangannya. Pemilihan dekorasi hiasan yang akan memenuhi ruang keluarga ini bisa dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan tema warna yang diinginkan. Cobalah desain ruang keluarga menjadi secantik mungkin.

6. Model Serba Putih

Desain Ruang Keluarga Serba Putih
Desain Ruang Keluarga Serba Putih | Gambar: Amazonaws.com

Untuk desain berikut ini terkesan lebih simple namun mampu terlihat mewah. Penggunaan desain ruangan serba putih juga mampu membuat area keluarga ini terkesan lebih luas. Desain yang satu ini memang terbilang sangat cocok digunakan untuk hunian minimalis. Agar ruangan terkesan lebih sedikit berwarna dan tidak monoton, kamu bisa menambahkan pajangan dinding yang cantik.

Penambahan karpet bermotif dengan warna monokrom juga bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan desain ruangan yang elegan dan terkesan mewah. Meskipun ruangan ini hanya diisi dengan sedikit barang, namun tampilannya tetap terkesan mewah dan elegan. Ruang keluarga serba putih ini dijamin mampu memberikan kenyamanan dan kegembiraan.

7. Ruang Keluarga Mezzanine

Desain Ruang Keluarga Mezzanine
Desain Ruang Keluarga Mezzanine | Gambar: rumah123.com

Apabila rumah hunian kamu memiliki ceiling tinggi maka bisa memilih menggunakan konsep mezzanine pada area ruang keluarga. Apa itu konsep mezzanine? Konsep unik ini dilakukan dengan cara memberikan ruangan tambahan yang letaknya ada di antara lantai dan juga plafon rumah. Selain mampu mengisi ruang kosong, desain ini juga terbilang mampu mempercantik ruangan.

Satu hal yang perlu dipastikan ketika memilih menggunakan desain ruang ini yaitu berkaitan dengan konstruksi bangunan. Seluruhnya harus dalam kondisi kokoh agar aman ketika dibangun mezzanine. Jika kondisi rumah kurang mendukung, maka jangan sesekali memaksakan untuk membuat desain ruangan yang sangat cantik dan menarik ini.

8. Ruang Keluarga Lesehan

Desain Ruang Keluarga Lesehan
Desain Ruang Keluarga Lesehan | Gambar: Rukita.co

Terakhir, kamu bisa membuat desain ruangan untuk berkumpul dengan keluarga secara lebih unik. Konsep tersebut bisa diwujudkan dengan menciptakan ruang keluarga lesehan sehingga semua bisa berkumpul dan menikmati suasana atau menonton TV dengan nyaman. Desain yang perlu dipersiapkan untuk ruang keluarga ini tidak juga terbilang tidak begitu sulit.

Kamu hanya perlu mendesain ruang keluarga minimalis ini dengan menambahkan sedikit furniture agar terkesan lebih rapi dan luas. Jika ingin menggabungkannya dengan ruang tamu maka bisa ditambahkan dengan sofa berukuran kecil dengan warna senada. Pemilihan warna yang diinginkan bisa disesuaikan kebutuhan atau kesenangan masing-masing keluarga.

Desain ruang keluarga minimalis tidak hanya tentang kesederhanaan visual, tetapi juga tentang kenyamanan. Dengan memilih salah satu dari rekomendasi di atas, kamu dapat menciptakan ruang keluarga yang sesuai dengan gaya hidup dan memberikan suasana yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Kamu juga bisa melengkapi furniture seperti sofabed, rak serbaguna, rak tv dan lemari hias dari Olympic Furniture.

8 Desain untuk Ciptakan Ruang Tamu Minimalis Modern

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik, Budget Minimalis