Logo

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik, Budget Minimalis

Dekorasi ruang tamu tidak harus mahal untuk menciptakan suasana yang menarik dan nyaman. Dengan sentuhan kreativitas dan pilihan yang tepat, kamu bisa menghadirkan ruang tamu sederhana tapi tetap estetis. Artikel ini akan memberikan inspirasi dekorasi ruang tamu dengan budget minimalis, namun tetap mampu menghadirkan tampilan yang memukau.

Ide Dekorasi Sederhana Ruang Tamu

Melalui ide-ide sederhana seperti penggunaan lampu estetik, pot tanaman, hingga karpet cantik, kamu dapat mengubah suasana ruang tamu menjadi lebih hidup dan menarik. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, yang penting adalah memilih elemen dekoratif yang sesuai dengan tema dan gaya ruangan. Mari eksplorasi berbagai pilihan dekorasi yang dapat membuat ruang tamu menjadi pusat perhatian.

1. Lampu Estetik

Dekorasi Ruang Tamu dengan Lampu Estetik
Dekorasi Ruang Tamu dengan Lampu Estetik | Gambar: Spectrue.id

Biar ruang tamu tidak terlalu bosenin, kamu bisa utamakan satu focal point tampilan. Di sini, idenya adalah lampu estetik. Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik ini bisa kamu sesuaikan dengan tema dan juga budget. Yang penting adalah memilih desain yang unik, menarik, dan juga cantik.

Seperti gambar ini yang menggunakan lampu gantung estetik bertema tropis. Lampunya menggunakan penutup tembikar yang saat dinyalakan akan memberi aksen bayangan anyaman. Secara visual sudah menarik serta cocok dengan tema ruang tamu yang juga mengusung gaya tropis, natural, dan serba kayu.

2. Pot Tanaman

Dekorasi Ruang Tamu dengan Pot Tanaman
Dekorasi Ruang Tamu dengan Pot Tanaman | Gambar: Jayscotts.com

Sentuhan kecil dari penambahan pot tanaman bisa mengubah suasana dari ruang tamu. Inti dari ide ini adalah membawa sentuhan warna natural dari tanaman, yakni hijau. Selain membuat aspek visual baru, tanaman juga bisa bikin suasana terasa segar. Ukuran dan desain pun tidak harus berlebihan.

Jika ingin sederhana, kamu bisa pakai satu pot tanaman besar seperti digambar. Sesuaikan juga penampilan tanaman. Kamu bisa pakai Monstera yang punya daun lebar atau tanaman karet yang punya tangkai tinggi. Kalau mau pakai pot kecil, kamu bisa pilih tanaman sukulen atau kaktus untuk dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik.

3. Karpet Cantik

Dekorasi Ruang Tamu dengan Karpet Cantik
Dekorasi Ruang Tamu dengan Karpet Cantik | Gambar: Beijaflorworld.com

Karpet yang dipilih dengan baik bisa mengubah nuansa dan suasana. Terkadang. Karpet juga dipilih untuk melembutkan penampilan ruang tamu sekaligus memberikan alas untuk duduk atau kaki. Tapi untuk dekorasi, kamu bisa lebih kreatif. Pertimbangkan ukuran, warna, motif, dan bahan untuk karpetnya.

Di gambar ini, kamu bisa lihat kalau karpet motif dengan warna monochrome melengkapi gaya furnitur serupa. Yakni warna abu, coklat, krem, dan hitam. Kesannya membaur, tapi juga memberi kesan karena adanya motif yang kontras dengan gaya minimalis setiap furniturnya. Jadi jangan hanya asal pilih, tapi pastikan karpetnya pas dengan tema!

Baca Juga! Tips Membuat Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

4. Kolase Foto

Dekorasi Ruang Tamu dengan Kolase Foto
Dekorasi Ruang Tamu dengan Kolase Foto | Gambar: Jual-apartemen.com

Punya banyak foto? Jangan sia siakan, karena bisa digunakan untuk dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik. Intinya adalah mengkreasikan foto atau gambar favorit di salah satu sisi dinding yang dianggap sepi atau bosenin. Kamu bisa bermain dengan warna dan tatanan, mau rapi atau berantakan.

Di contoh ini, beberapa foto dan quote ditumpuk secara berantakan tapi tetap memiliki aspek estetika. Menariknya, idenya pun sangat sederhana dan tidak harus dicetak atau menggunakan tempat pigura yang besar. Kamu bisa print atau cetak dengan ukuran bermacam, tumpuk, dan tempel untuk display kenangan atau karya keren.

5. Furnitur Multifungsi

Dekorasi Ruang Tamu dengan Furnitur Multifungsi
Dekorasi Ruang Tamu dengan Furnitur Multifungsi | Gambar: Designcafe.com

Kalau mau untung dari segi fungsi dan juga dapat kerennya, kamu juga bisa pertimbangkan pakai furnitur multifungsi. Multifungsi yang dimaksud yakni bisa digunakan secara fungsional dan juga bisa berbaur menjadi bagian dari dekorasi ruang. Sebagai contoh, desain interior ruang dan pemilihan furnitur di gambar ini yang berani tampil unik dengan perpaduan lemari dan kursi.

Kamu bisa lihat kursi yang menyatu dengan meja bisa jadi sebuah dekor yang berkesan unik. Fungsinya pun berlapis, ada lemari untuk menyimpan barang dan kolong untuk sepatu. Kursi sederhana ini juga bisa digunakan sebagai tempat duduk saat mengenakan sepatu. Dari dua poin tersebut, kamu bisa lihat kalau desain unik ini membaur dengan gaya semi luxury di ruang tamu.

6. Jam Dinding Keren

Dekorasi Ruang Tamu dengan Jam Dinding Keren
Dekorasi Ruang Tamu dengan Jam Dinding Keren | Gambar: Temu.com

Salah satu objek yang tidak bisa terlewatkan untuk ruang tamu adalah jam dinding. Karena banyak sekali varian, desain, dan bentuk unik, objek ini juga bisa jadi dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik. Caranya? Tentu saja pilih desain jam yang sesuai dengan gaya tema ruangan. Kalau kamu ingin yang gampang berbaur, pilih desain minimalis.

Seperti yang ada di gambar berikut ini. Bentuk jam yang sederhana juga dilengkapi dengan warna serta desain yang klasik. Penggunaan warna kayu dan besi hitam membuatnya bisa digunakan di berbagai tema ruangan. Disini, ruang tamunya punya tembok berwarna biru. Jadi desain sederhana seperti ini memang yang paling pas di mata.

7. Tambahkan Cermin

Dekorasi Ruang Tamu dengan Tambahkan Cermin
Dekorasi Ruang Tamu dengan Tambahkan Cermin | Gambar: Visualhunt.com

Cermin secara visual di dunia interior adalah untuk memberikan efek luas dan juga pantulan yang cantik. Tapi jika diterapkan dengan baik, maka bisa jadi tempat bersolek dan siap membuat ruangan lebih cerah serta lebih luas. Ada banyak cara menambahkan cermin, kamu bisa pasang di tembok di satu sisi, menggunakan cermin full body, atau tempelan.

Di desain gambar ini, cermin full body berukuran besar ditempatkan di ujung atau pojok ruangan. Selain memberi ilusi ruangan luas, ruangan pun jadi tampak terisi sempurna dan juga mewah. Kuncinya adalah memilih tema dan gaya serupa. Tidak harus cermin kaca besar, kamu bisa sesuaikan dengan ruangan yang tersedia serta budgetnya.

8. Bermain Pola Warna

Dekorasi Ruang Tamu dengan Bermain Pola Warna
Dekorasi Ruang Tamu dengan Bermain Pola Warna | Gambar: Wayfair.com

Kalau tidak memungkinkan menambah barang, dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik adalah bermain pola dan warna. Seperti di gambar ini, dimana semua furnitur punya warna yang unik tapi masih memiliki nilai kesatuan. Permainan pola dan warna bisa kamu terapkan di semua furniture hingga objek kecil untuk dekorasi. Termasuk dengan cat dinding.

Yang harus dipertimbangkan adalah kolaborasi warna dan keseimbangan. Bukan karna kamu boleh pakai warna warni, akhirnya sembarangan. Bisa jadi warna malah saling tabrak dan tidak harmonis. Coba pilih tema yang pas atau satu warna utama, dari situ kamu bisa tarik banyak warna yang harmonis. Seperti tema warna pastel, natural, mewah, hitam putih, industrial dan lain lain.

Dengan menerapkan salah satu dari ide-ide dekorasi ruang tamu sederhana, kamu dapat menciptakan ruang yang nyaman dan estetis tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Setiap ide menawarkan solusi praktis yang mudah diaplikasikan. Jadikan ruang tamu sebagai tempat yang tidak hanya nyaman, tetapi juga menawan dengan melengkapi dengan furniture seperti meja ruang tamu, kursi minimalis, tempat penyimpanan minimalis dan rak sepatu dari Olympic Furniture.

8 Rekomendasi Desain Ruang Keluarga Minimalis, Suasana Bikin Nyaman

Inilah 8 Dekorasi Kamar Estetik Sederhana ala Korea yang Wajib Dicoba!