Logo

8 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis yang Bisa Kamu Tiru

Dalam merancang ruang tamu minimalis yang memikat, tidak selalu diperlukan banyak dekorasi. Dengan sedikit sentuhan kreatif dan strategi pengaturan, ruang tamu bisa menjadi pusat perhatian yang nyaman untuk semua orang. Berikut beberapa inspirasi dekorasi ruang tamu minimalis yang dapat mengubah tampilan ruangan kamu menjadi lebih menarik dan fungsional. Yuk, simak!

Ide Ruang Tamu

1. Cat Dinding Bold

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Cat Dinding Bold

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Cat Dinding Bold | Gambar : Unsplash.com

Tanpa harus menggunakan banyak dekorasi, kamu tetap bisa lho membuat ruang tamu minimalis di rumah terlihat unik. Bagaimana caranya? Yakni dengan bermain pada warna cat dinding yang digunakan. Kamu bisa menerapkan cat dinding bold supaya ruangan terlihat eye catching.

Dengan menggunakan warna cat dinding yang mencolok, maka ruang tamu pun tidak akan terlihat membosankan meskipun tidak memiliki banyak dekorasi. Akan tetapi, pastikan untuk memilih warna yang cocok dengan tema ruangan.

Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan furniture yang diletakkan di ruang tamu. Seperti sofa, kursi, meja, sampai lemari kabinet. Penataan berbagai perabot ini pun perlu diperhatikan dengan baik supaya tampilan ruang tamu terlihat semakin menarik. Perpaduan yang tepat dijamin akan membuat siapapun betah duduk berlama-lama di sana.

2. Gunakan Perabot Multifungsi

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Perabot Multifungsi

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Perabot Multifungsi | Gambar : Unsplash.com

Dekorasi ruang tamu minimalis yang sekarang sedang populer yaitu menggunakan perabot multifungsi. Sebab furniture seperti ini cenderung tidak memakan banyak tempat, sehingga ruangan pun akan terasa lebih luas. Sangat cocok diterapkan apabila kamu memiliki ruang tamu yang luasnya terbatas.

Perabot multifungsi bahkan tidak hanya menghemat ruang dan meningkatkan efisiensi saja, tapi bisa semakin menambah estetika yang menarik pada ruangan. Apalagi saat ini deretan furniture multifungsi hadir dengan desain yang memukau.

Seperti kursi lipat, rak penyimpanan yang sekaligus bisa difungsikan sebagai partisi, meja dengan laci penyimpanan, dan masih banyak lagi. Perabot-perabot seperti ini sangat pas dipilih sebagai dekorasi di ruang tamu minimalis, karena tidak akan menghilangkan kesan lapangnya. Untuk meningkatkan kesan lapang tersebut, sebaiknya pilih furniture dengan warna netral.

3. Menggabungkan Dua Ruangan

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Menggabungkan Dua Ruangan

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Menggabungkan Dua Ruangan | Gambar : Unsplash.com

Ruang tamu juga bisa kamu gabungkan dengan ruangan lain di rumah yang memiliki fungsi berbeda, misalnya ruang keluarga atau ruang makan. Konsep ini disebut pula open space, tidak adanya dinding sebagai pemisah antar ruangan akan membuat ruang tamu terasa lebih luas.

Namun kamu tetap bisa memanfaatkan rak buku untuk dekorasi ruang tamu minimalis. Lemari diletakkan di antara dua ruangan sebagai partisi untuk memperjelas fungsi dari masing-masing ruang. Jadi meskipun open space, tapi tetap menghadirkan privasi pada setiap ruangan.

Tidak hanya lemari buku, kamu juga bisa memanfaatkan dekorasi lainnya sebagai batas antara dua ruangan. Misalnya tanaman hias besar yang sekaligus dapat meningkatkan estetika dan membuat ruangan terasa segar. Sementara itu, perabot lain yang ditempatkan pada ruangan sebaiknya yang sederhana supaya tidak membuat ruang tamu penuh sesak.

4. Pengaturan Cahaya

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Pengaturan Cahaya

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Pengaturan Cahaya | Gambar : Unsplash.com

Untuk menghadirkan dekorasi ruang tamu yang nyaman dan sedap dipandang mata, kamu kamu mengatur pencahayaannya dengan baik. Sebab permainan pencahayaan ini punya peran yang sangat penting dalam menata ruang tamu.

Selain berfungsi sebagai pencahayaan yang dapat mempermudah aktivitas, pencahayaan yang baik akan membantu membuat suasana ruang tamu terasa lebih hidup. Apalagi jika kamu memanfaatkan cahaya alami yang masuk dari jendela. Cahaya matahari ini akan membuat ruang tamu lebih cerah dan hidup.

Inilah kenapa dekorasi ruang tamu minimalis dengan jendela besar begitu diminati oleh masyarakat zaman sekarang. Tentunya kamu juga bisa memanfaatkan pencahayaan buatan sebagai pelengkap, seperti lampu hias dengan warna senada tema ruangan.

Baca Juga! Tips Membuat Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

5. Gunakan Dekorasi Cermin

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Gunakan Dekorasi Cermin

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Gunakan Dekorasi Cermin | Gambar : Unsplash.com

Jika ada satu titik di ruang tamu yang terlihat kosong, kamu bisa meletakkan cermin di bagian tersebut sebagai tambahan dekorasi. Adanya cermin ini akan memberikan efek tampilan luas pada ruang tamu. Bukan hanya itu, tapi cermin membuat cahaya yang masuk terasa lebih cerah dan terang sehingga membawa banyak kesan positif.

Kamu bisa memilih cermin besar dengan bingkai yang sederhana dan minimalis supaya tidak terlihat berlebihan. Bingkai cermin yang tipis atau bahkan tanpa bingkai akan sangat cocok untuk menambah estetika.

Kemudian di samping cermin bisa pula ditambahkan pot tanaman hias sebagai pemanis. Perpaduannya akan membuat ruang tamu semakin sedap dipandang. Karena sudah ada banyak dekorasi, maka dinding ruang tamu sebaiknya menggunakan warna cat netral seperti putih atau abu-abu.

6. Sesuaikan Ukuran Sofa

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sesuaikan Ukuran Sofa

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sesuaikan Ukuran Sofa | Gambar : Pexels.com

Sofa bisa dibilang sebagai dekorasi ruang tamu minimalis yang utama. Jadi pemilihan sofa ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus diperhatikan dengan baik. Pastikan sofa yang kamu gunakan punya ukuran yang pas, perlu disesuaikan dengan ukuran luas ruang tamu.

Karena sofa yang terlalu besar akan membuat ruang tamu terasa sempit. Sementara sofa yang terlalu kecil dikhawatirkan tidak mampu memenuhi kebutuhan. Jadi pastikan untuk mengukurnya terlebih dahulu.

Sehingga kamu bisa menciptakan tata letak yang seimbang dan memberikan kenyamanan optimal. Adapun model yang paling tepat adalah sofa dengan bentuk sederhana, misalnya sofa letter L yang minimalis.

7. Kombinasi Gaya Industrial

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Kombinasi Gaya Industrial

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Kombinasi Gaya Industrial | Gambar : Pexels.com

Gaya industrial menjadi salah satu yang begitu populer beberapa waktu belakangan. Kamu juga bisa mengombinasikan gaya ini pada ruang tamu di rumah, untuk meraih kesan sederhana tapi tetap menarik.

Gabungkan elemen khas industri dengan sentuhan modern untuk menciptakan tampilan yang elegan nan eksentrik. Gaya industrial sendiri punya ciri khas pada desainnya yang terkesan unfinished, seperti dinding yang dibiarkan begitu saja tanpa dipoles.

Kemudian perabotnya bisa menggunakan furniture yang tidak diplitur. Kamu juga bisa menggunakan perabot serba besi atau bahan metal untuk menonjolkan gaya industrial ini. Perpaduannya akan membuat ruang tamu terlihat lebih keren dan estetik.

8. Dekorasi Gaya Monokrom

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Dekorasi Gaya Monokrom | Gambar : Pexels.com

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Dekorasi Gaya Monokrom | Gambar : Pexels.com

Warna hitam dan putih sejak dulu sudah menjadi favorit untuk dekorasi ruang tamu minimalis. Sampai sekarang, warna ini pun masih banyak diterapkan dan menjadi salah satu yang paling digemari.

Itu karena warnanya yang terkesan netral membuat konsep ruang tamu ini terlihat estetik. Bahkan dengan perpaduan elemen yang tepat, kamu bisa mendapatkan kesan maskulin dari dekorasi yang dipenuhi warna hitam putih.

Di samping itu, penerapannya tergolong sangat mudah. Apalagi jika kamu baru pertama kali menata interior ruangan sendirian. Kamu bisa menerapkan konsep ini bersama paduan desain rumah minimalis, modern, kontemporer, maupun futuristik.

Dengan beragam ide dekorasi ruang tamu minimalis yang kreatif dan inovatif, kamu dapat menciptakan ruang tamu yang mencerminkan lifestyle serta memenuhi kebutuhan fungsional dan estetika. Lengkapi ruang tamu dengan berbagai furniture seperti meja tamu, rak penyimpanan, rak tv dan sofa dari Olympic Furniture yang bisa memberikan kenyaman maksimal.

Inspirasi Contoh Rumah Kayu Sederhana Tampilan Back to Nature

8 Desain untuk Ciptakan Ruang Tamu Minimalis Modern