Logo

8 Inspirasi Dekorasi Kamar Japandi agar Tidur Maksimal dan Nyaman

Dekorasi kamar tidur dengan gaya Japandi kini semakin populer di kalangan pecinta desain interior. Japandi, perpaduan antara gaya Jepang yang minimalis dan desain Skandinavia yang fungsional, menciptakan ruang yang nyaman, sederhana, namun tetap elegan. Dengan sentuhan elemen natural dan warna-warna netral, desain Japandi menawarkan kesan tenang dan relaksasi yang ideal untuk kamar tidur.

Ide Dekorasi Japandi Untuk Kamar

Mulai dari penggunaan furnitur kayu, hiasan dinding bambu, hingga penambahan tanaman indoor, setiap ide dekorasi yang disajikan akan membantu menciptakan suasana yang harmonis dan aesthetic di kamar tidurmu. Mari simak inspirasi lengkapnya dan wujudkan kamar Japandi impianmu!

1. Japandi X Bohemian

Dekorasi Kamar Japandi X Bohemian
Dekorasi Kamar Japandi X Bohemian | Gambar: Pexel.id

Desain Japandi yang natural bisa disandingkan dengan gaya bohemian yang lembut dan hangat. Seperti contoh gambar ini, yang gunakan sentuhan bahan kayu dan anyaman untuk mewakili desain Japandi. Dekorasi kamar Japandi ini kemudian dilengkapi dengan bahan lembut seperti selimut dan karpet yang masuk dalam kategori bohemian.

Yang jadi kunci dari perpaduan tema ini adalah skema warna yang mirip, yakni krem, putih, atau coklat. Sentuhan boho juga bisa diberikan dengan tambahan hiasan atau dekorasi kecil, seperti gantungan lukisan, foto, dan juga pot tanaman. Kalau kamu suka desain ini, kamar tidur bakal tampak lebih modern, cerah, moody, tapi juga masih satu estetika dengan Japandi.

2. Tambah Fusuma / Partisi

Dekorasi Kamar Japandi Tambah Fusuma / Partisi
Dekorasi Kamar Japandi Tambah Fusuma / Partisi | Gambar: Pexel.id

Satu lagi ciri khas dari Japandi adalah penggunaan objek berbahan kayu, seperti fusuma atau partisi. Partisi ini berguna untuk pemisah ruangan, tapi bisa juga sebagai dekorasi, serta penutup sebagian area. Ada banyak gaya dan jenis fusuma yang bisa dipilih, seperti di desain ini yang pakai partisi kayu lipat untuk menutupi sebagian sisi area.

Dekorasi kamar Japandi ini juga bisa disesuaikan dengan gaya ruangan atau tampilan. Contohnya memilih partisi dengan bahan kayu dan kertas yang jepang banget. Tapi kalau tidak ada, bisa juga pakai partisi kayu seperti ini yang cocok dengan gaya kamar boho, feminin, tropis, atau tradisional.

Baca Juga! 10 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Tepat untuk Kamar Tidur

3. Hiasan Dinding Dari Bambu

Dekorasi Kamar Japandi Hiasan Dinding Dari Bambu
Dekorasi Kamar Japandi Hiasan Dinding Dari Bambu | Gambar: Pexel.id

Penambahan hiasan dinding dengan bambu bisa memberikan aksen Japandi yang kental. Di ide dekorasi yang satu ini, bambu juga jadi aksen dinding atau pemanis dinding. Karena itulah ukuran dari bagian pun cukup besar dan luas. Selain itu, warna dan tampilannya pun kontras dengan warna dasar temboknya (putih).

Gaya ini cocok buat kamu yang ingin kasih sentuhan seru di kamar. Pas untuk kasih focal point dan juga menambah kesan dimensi di dalam ruang. Menariknya, kesan Japandi dengan bahan bambu ini cukup gampang diterapkan di berbagai desain ruang. Seperti kamar tidur modern dan minimalis ini, yang kemudian tampak elegan karena gaya Japandi.

4. Tambahkan Tanaman Indoor

Dekorasi Kamar Japandi Tanaman Indoor
Dekorasi Kamar Japandi Tanaman Indoor | Gambar: Pexel.id

Dekorasi kamar Japandi sebenarnya sangat identik dengan sentuhan natural atau kayu. Tidak heran banyak yang menggunakan bahan lightwood yang serasi dengan warna pastel hangat seperti krem dan coklat. Inspirasi gambar ini tidak sepenuhnya Japandi, tapi penambahan unsur tanaman bambu di dalam ruang jadi berkesan Jepang banget.

Jepang memang cukup identik dengan tanaman bambu, jadi sentuhan kecil ini layak jadi pertimbangan. Kamu bisa adopsi idenya dan disesuaikan, seperti menggunakan tanaman bambu kecil, tinggi, atau tanaman lain yang hemat tempat. Ingat! Desain Japandi biasanya minimalis, jadi jangan berlebihan soal penambahan elemen pot dan tanaman tersebut.

5. Sentuhan Desain Shoji

Dekorasi Kamar Japandi Desain Shoji
Dekorasi Kamar Japandi Desain Shoji | Gambar: Pexel.id

Shoji atau pintu kayu kertas bakal jadi identitas yang solid untuk kamar Japandi. Bagaimana cara menerapkannya? Kalau kamu punya kesempatan untuk membuat Shoji sebagai pintu kamar, coba saja. Tapi kalau tidak memungkinkan, aksen shoji ini juga bisa diterapkan untuk pintu lemari, jendela, atau partisi dekorasi kamar japandi.

Umumnya, shoji digunakan untuk pintu atau jendela yang mana cahaya bisa tembus. Bahan kertas tipis di pintu kayu juga lebih tipis dan berkesan dingin. Untuk desain satu ini, Shoji digunakan untuk pintu lemari. Selain memberi aksen cantik, bisa juga menghemat area karena pintu geser. Bahkan, tampak lebih estetik untuk ruangan kecil.

6. Karpet Tatami

Dekorasi Kamar Japandi Karpet Tatami
Dekorasi Kamar Japandi Karpet Tatami | Gambar: Pexel.id

Satu sentuhan elemen Japandi yang keren adalah Tatami atau tikar yang terbuat dari bahan alang alang. Kamu bisa gunakan untuk karpet di dalam kamar tidur, karena tatami itu punya banyak ukuran dan tidak harus memenuhi lantai juga. Bagaimana agar kesan Japandi-nya dapat? Kamu bisa cek gambar inspirasi berikut ini.

Di desain kamar ini, kamu bisa lihat kalau Tatami digunakan untuk bagian alas kasur saja. Kemudian sisanya adalah lantai kayu. Kamu bisa terapkan idea serupa, dimana Tatami untuk alas kasur yang juga memberi kesan hangat dan tekstur di lantai. Kalau ruangan kecil, bisa juga diletakkan di pojok dan dilengkapi dengan dekorasi ala Jepang lainnya.

7. Tokonoma Di Sudut Ruang

Dekorasi Kamar Japandi Tokonoma Di Sudut Ruang
Dekorasi Kamar Japandi Tokonoma Di Sudut Ruang | Gambar: Pexel.id

Punya suatu koleksi karya yang punya arti khusus? Kamu bisa pakai ide dekorasi kamar Japandi ini. Idenya adalah menambahkan Tokonoma atau suatu sudut atau area yang posisinya sedikit lebih tinggi untuk memamerkan karya. Karya apa? Bisa apa saja, baik itu lukisan, patung, atau koleksi bunga yang cantik.

Tidak harus menyediakan sebuah area khusus pula, kamu bisa gunakan sudut ruang kemudian tambahkan meja kecil dan kursi lesehan.  Dengan begitu Tokonoma pun akan berfungsi lebih maksimal. Satu hal yang pasti, kamu mesti pertimbangkan desain dan temanya. Pertimbangkan warna dan bahan utama bangunan, sehingga Tokonoma tidak terlihat out of place.

8. Tambah Lukisan Jepang

Dekorasi Kamar Japandi Lukisan Jepang
Dekorasi Kamar Japandi Lukisan Jepang | Gambar: Pexel.id

Ide terakhir ini bisa diterapkan dengan banyak variasi, pasalnya banyak sekali hiasan dinding yang berkesan jepang banget. Seperti contohnya adalah gambar atau lukisan khas Jepang. Bisa juga lukisan dengan tulisan aksara Jepang yang autentik. Bahkan, bisa juga pajang ukiran cantik yang dipajang di tengah ruang kamar tidur.

Dekorasi kamar Japandi yang satu ini umumnya ditujukan sebagai focal point atau untuk pusat perhatian. Jadi lebih baik dipasang di satu sisi yang ingin kamu tunjukkan. Seperti di atas kasur atau di satu sisi yang kosong. Kamu juga bisa padukan dengan dekorasi lain, seperti meja kayu, pot bunga, dan pintu shoji yang kesannya homey dan juga rustic ala Jepang.

Dengan mengaplikasikan salah satu dari delapan inspirasi dekorasi kamar Japandi ini, kamu bisa menciptakan ruang tidur yang nyaman,  dan aesthetic. Gaya Japandi yang minimalis dan elegan bisa kamu ciptakan dengan melengkapi kamar tidur dengan lemari pakaian, meja kerja minimalist, kursi minimalis, spring bed, meja rias dan rak penyimpanan dari Olympic Furniture. Semoga inspirasi ini membantu kamu dalam mewujudkan kamar tidur impian yang nyaman dan menenangkan!

10 Ide Suasana Rumah Kayu Unik dan Cantik Bernuansa Alam Alami

Rekomendasi 8 Hiasan Kamar Tidur Aesthetic yang Bikin Suasana Homey