Logo

12 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis, Dijamin Bikin Betah!

Kamu penggemar interior minimalis? Tak perlu khawatir, ada banyak opsi untuk bisa menyulap kamar tidurmu menjadi sempurna dan mendekorasinya. Desain kamar tidur minimalis adalah solusinya! Desain yang simple dan efisien ini akan membuat kamarmu terlihat lebih luas, rapi dan modern.

Dengan memperhatikan detail dan mengikuti beberapa petunjuk, desain kamar minimalis bisa menampilkan kamarmu dengan apik dan memberikan kenyamanan. Kamar tidur merupakan ruang pribadi, di mana kamu bisa menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri. Makanya, kamar tidur harus didesain senyaman mungkin, agar kamu bisa betah istirahat di sana setelah seharian beraktivitas.

Desain kamar tidak harus mahal dengan hiasan yang rumit, tetapi mengatur ruangan dengan rapi dapat menunjukkan keindahan kamarmu tanpa furnitur besar dan banyak aksen. Desain kamar tidur minimalis bisa didesain dengan berbagai tema. Itu berarti kamu bisa menggunakan konsep dan warna yang sesuai dengan minatmu. Bagi kamu yang kamarnya berukuran mungil, nih ada inspirasi desain kamar tidur minimalis yang bikin kamarmu jadi nyaman dan enak dipandang:

1. Letakkan Tempat Tidur di Sisi Jendela

Letakkan Tempat Tidur di Sisi Jendela untuk desain kamar tidur minimalis
Letakkan Tempat Tidur di Sisi Jendela

Jika kamar tidurmu yang mungil memiliki jendela di salah satu sisinya, maka letakkanlah tempat tidur di sisi jendela tersebut. Kamu bisa beri sedikit ruang antara jendela dan tempat tidur, lalu memasang tirai jendela yang warnanya senada dengan nuansa cat di kamarmu. Jendela di sisi tempat tidur ini akan memberi kesan luas, karena kamu bisa langsung melihat ruang terbuka dari kamarmu.

2. Beri Sentuhan Alami dengan Menggunakan Panel Kayu

Beri Sentuhan Alami dengan Menggunakan Panel Kayu
Beri Sentuhan Alami dengan Menggunakan Panel Kayu

Agar kamu bisa makin betah di kamar tidurmu yang berukuran mungil, kamu bisa manfaatkan wood panel atau panel kayu untuk memberi nuansa alami di kamar tidur tersebut. Ada salah satu saran untuk rekomendasikan untuk memasang di salah satu sisi dinding kamar. Agar nuansa alaminya makin terasa, pasang juga parket flooring atau flooring dengan menggunakan kumpulan kepingan kayu.

3. Hadirkan Kesan Simpel dengan Dinding Berwarna Putih

Hadirkan Kesan Simpel dengan Dinding Berwarna Putih
Hadirkan Kesan Simpel dengan Dinding Berwarna Putih

Hadirkan kesan simpel dari kamarmu yang berukuran mungil dengan cara menghadirkan nuansa putih dari kamar tersebut. Kamu bisa gunakan cat dinding berwarna putih untuk setiap sisi dinding kamarmu. Nah, agar nuansa kamar jadi tidak monoton, kamu bisa taruh lukisan atau pajangan dinding, serta memadukannya dengan perabotan kamar tidur yang berwarna lembut dan senada.

4. Hadirkan Kesan Elegan dengan Warna Gelap

Hadirkan Kesan Elegan dengan Warna Gelap
Hadirkan Kesan Elegan dengan Warna Gelap

Desain kamar tidur minimalis modern yang elegan juga bisa kamu wujudkan dengan pemilihan warna gelap untuk kamar tidur. Untuk dindingnya kamu bisa gunakan warna hijau gelap, lalu dipadu dengan pintu yang dicat hitam. Jika perlu, taruh perabotan seperti kaca gantung untuk membuat kamarmu yang bernuansa gelap menjadi lebih estetik.

5. Pilih Perabotan yang Bisa Dipasang di Dinding

Pilih Perabotan yang Bisa Dipasang di Dinding rumah minimalis
Pilih Perabotan yang Bisa Dipasang di Dinding

Design kamar minimalis bisa kamu wujudkan dengan memilih perabotan yang bisa dipasang di dinding untuk kamarmu yang berukuran mungil. Dengan memasangnya di dinding, maka kamu akan bisa menghemat ruang di lantai, sehingga kamarmu tidak akan terkesan sempit. Kamu bisa pilih rak gantung hingga televisi, yang bisa dengan mudah di pasang di dinding.

6. Pasang Karpet Berwarna Senada dengan Kamar Tidur

Pasang Karpet Berwarna Senada dengan Kamar Tidur
Pasang Karpet Berwarna Senada dengan Kamar Tidur

Agar kamarmu yang mungil makin kelihatan kece, kamu bisa pasang karpet yang berwarna senada dengan kamar tidurmu. Kamu bisa pilih karpet dengan desain yang menarik, sehingga akan membuat suasana kamarmu lebih terasa hidup. Karpet yang dipilih nantinya baiknya yang berukuran kecil saja, baik itu bentuknya persegi atau bulat, untuk menambah kesan estetik kamar tidur.

7. Hadirkan Kesan Rustic dengan Kombinasi Warna Putih dan Krem

Hadirkan Kesan Rustic dengan Kombinasi Warna Putih dan Krem rumah minimalis
Hadirkan Kesan Rustic dengan Kombinasi Warna Putih dan Krem

Design kamar minimalis yang bernuansa rustic bisa kamu hadirkan dengan mengombinasikan warna putih dan krem di kamar tidur mungilmu. Dinding kamar bisa kamu cat dengan warna putih, lalu diisi dengan perabotan dan pajangan yang berwarna krem. Agar desain kamar tidur minimalis kayak gini makin apik, jangan lupa pajang pernak-pernik yang bernuansa alami.

8. Hemat Ruang dengan Tidak Menggunakan Dipan

Hemat Ruang dengan Tidak Menggunakan Dipan rumah minimalis
Hemat Ruang dengan Tidak Menggunakan Dipan

Salah satu hal yang bikin kamar tidur yang ukurannya mungil jadi terasa sempit adalah karena penggunaan dipan kasur. Makanya, kamu bisa pilih opsi untuk menggunakan kasur langsung tanpa dipan. Nantinya, di samping atau di area bawah kasur bisa kamu taruh karpet dan meja berukuran kecil yang berwarna senada dengan kasur, untuk tempatmu duduk jika bosan di atas kasur.

9. Hiasi Kamar dengan Lampu Tumblr

Hiasi Kamar dengan Lampu Tumblr untuk rumah minimalis
Hiasi Kamar dengan Lampu Tumblr

Ciptakan design kamar minimalis yang estetik dengan menghiasi kamar tidur menggunakan lampu LED Tumblr. Lampu-lampu berukuran kecil ini bisa kamu pasang di dinding kamar, dengan pilihan warna yang sesuai dengan warna nuansa kamarmu. Kamu bisa banget nih bentuk pola khusus dari lampu Tumblr, misalnya seperti bintang, agar kamar kelihatannya makin kece.

10. Hadirkan Nuansa Alam dengan Sentuhan Warna Hijau

Hadirkan Nuansa Alam dengan Sentuhan Warna Hijau
Hadirkan Nuansa Alam dengan Sentuhan Warna Hijau

Desain kamar tidur minimalis modern yang bernuansa alam bisa kamu hadirkan dengan memberi sentuhan warna hijau di kamar tidur. Kamu bisa padukan dinding yang berwarna putih atau abu-abu terang, dengan pilihan perabotan kamar tidur yang berwarna hijau rumput. Agar nuansa alam makin terasa, kamu bisa taruh pot kecil berisikan tanaman hijau mungil di kamar.

11. Taruh Rak Gantung di Dinding Atas Kasur

Taruh Rak Gantung di Dinding Atas Kasur
Taruh Rak Gantung di Dinding Atas Kasur

Memiliki kamar yang mungil bukan berarti kamu tidak bisa menghiasnya menjadi kelihatan menarik. Salah satu desain kamar tidur minimalis yang bisa kamu coba aplikasikan adalah menaruh rak gantung di dinding atas kasur atau tempat tidur. Nah di rak ini, kamu bisa taruh pernak-pernik favoritmu, seperti lukisan, action figure, foto, buku favoritmu, dan lainnya.

12. Taruh Nakas Kecil di Samping Kasur

Taruh Nakas Kecil di Samping Kasur rumah minimalis
Taruh Nakas Kecil di Samping Kasur

Nakas berukuran kecil bisa dibilang sebagai salah satu perabotan yang kerap digunakan saat mengaplikasikan desain kamar tidur minimalis. Kamu bisa taruh nakas berukuran mungil ini disamping tempat tidur, untuk memudahkanmu menyimpan benda-benda kecil kebutuhanmu. Pada bagian permukaan nakas, kamu bisa letakkan lampu tidur sebagai sumber penarangan kamar.

Nah, itulah tadi 12 inspirasi desain kamar tidur minimalis yang bisa coba kamu aplikasikan ke kamarmu yang berukuran mungil. Jangan sampai kamar tidurmu yang ukurannya kecil, membuatmu merasa sumpek dan tidak nyaman berada di dalamnya. Kamu bisa atur kamar dengan desain di atas, agar kamu bisa merasa betah berlama-lama di ruang privatmu tersebut. Lengkapi juga kamar tidurmu dengan meja belajar, lemari pakaian, nakas, springbed dan rak serbaguna dari Olympic Furniture.

7 Referensi Kamar Tidur Mewah Bikin Betah

Estetik Walau Kecil, Cek 7 Desain Kamar Tidur Kecil Ukuran 2X2