Logo

Tips Membuat Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

Dekorasi ruang tamu adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika kamu membangun hunian. Ruang tamu menjadi ruang yang paling sering dikunjungi dan tentunya harus menarik bagi siapa pun yang melihatnya. Namun, ada kalanya kamu berada dalam situasi dimana budget untuk dekorasi ruang tamu tidaklah besar. Jangan khawatir, meskipun tidak punya banyak uang untuk dialokasikan untuk mendekorasi, kamu masih bisa melakukan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik. Kamu hanya perlu mengetahui cara yang benar untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menciptakan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik:

Kombinasi Dua Warna Cat Tembok yang Serasi

dekorasi ruang tamu 2 warna cat tembok
Kombinasi Dua Warna yang Serasi | Gambar: Pinterest.com

Untuk menciptakan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik, kamu bisa mengaplikasikan cat dinding dua warna sekaligus. Cat ruang tamu dua warna ini tidak kalah menjadi primadona sekarang. Apalagi jika kamu menginginkan suasana rumah yang tidak monoton dan menyenangkan, wajib untuk kamu coba terapkan!

Perpaduan warna yang serasi akan menciptakan kesan nyaman pada ruangan, misalnya kamu bisa mengkombinasikan warna cerah dan gelap. Contohnya warna hijau tua yang cenderung gelap dan warna putih yang terang. Sehingga pemilihan warnanya akan memberikan kesan yang ideal. Furniturenya sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan, bisa juga ditambahkan beberapa dekorasi dinding.

Jam Tembok Berukuran Besar

dekorasi ruang tamu sederhana menarik jam dinding
Buatlah Poin Perhatian | Gambar: Instagram.com/aldianty1717

Apabila ingin menciptakan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana tapi tetap menarik, maka penting untuk menghadirkan poin perhatian pada ruangan. Karena menggunakan sofa saja tentu tidak cukup. Meskipun sofa memang menjadi perabot utama di ruang tamu, namun tidak bisa membuatnya menjadi sangat menonjol.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan hiasan ruang tamu sederhana untuk menambah titik fokus. Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik ini menampilkan dekorasi multifungsi, sebab jam dindingnya berbentuk artistik. Jadi selain dapat dimanfaatkan untuk melihat waktu, bisa juga menambah estetika ruangan. Jika dirasa masih kurang, kamu boleh membawa tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

Gunakan Bantal Cushion Berbagai Bentuk

pake karpet dekorasi ruang tamu menarik
Gunakan Bantal Cushion Berbagai Bentuk | Gambar: Lingkarwarna.com

Jika kamu menggunakan sofa berwarna netral yang polos, kamu bisa menambahkan hiasan ruang tamu sederhana berupa bantal cushion. Supaya lebih menarik, cushion yang digunakan tidak terbatas hanya satu bentuk saja. Kamu bebas menggunakan cushion dengan bentuk lain sesuai selera, tidak melulu harus bentuk persegi atau bulat.

Selain mempermanis ruangan, kehadiran cushion tersebut akan semakin menambah kenyamanan selama duduk di sofa. Bahkan kamu bisa menggunakan sarung bantal berbeda motif namun tetap serasi, agar menjadi point of view dari ruang tamu. Kamu pun bisa menyematkan lampu meja dan tanaman hias di sudut ruangan, untuk menciptakan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik.

Gunakan Wall Art dan Dekorasi

dekorasi ruang tamu sederhana pakai lukisan
Gunakan Wall Art dan Dekorasi

Hiasan ruang tamu sederhana seperti wall art atau dekorasi dinding memang pilihan paling ideal untuk mempercantik ruangan. Adanya wall art ini membuat ruangan jauh lebih hidup, khususnya jika kamu mengusung tema minimalis yang mengandalkan pengaplikasian warna netral di seluruh ruangan.

Kamu bisa meletakkan dekorasi tepat di atas sofa untuk menambah kesan menarik. Masih belum cukup, dekorasi ruang tamu minimalis sederhana ini dapat diberi sentuhan kesan hangat dengan standing lamp di samping sofa. Bukan hanya menerangi sofa, namun cahaya lampu juga akan menerangi dekorasinya. Membuatnya menjadi bagian dari decor ruang tamu sederhana yang cantik.

Perhatikan Furniture Berukuran Kecil

plafon untuk dekorasi ruang tamu
Perhatikan Furniture Berukuran Kecil

Selain sofa, ada berbagai perabot yang bisa kamu bawa ke ruang tamu apabila memiliki luas yang mencukupi. Seperti meja kecil untuk bersanding dengan sofa, meja kecil untuk meletakkan lampu, televisi sebagai hiburan, hingga rak untuk menempatkan berbagai pajangan. Rak tersebut bisa kamu gunakan untuk menampung hiasan ruang tamu sederhana yang berukuran kecil.

Atur tata letak hiasan dengan baik agar mampu menampilkan visual yang artistik. Sementara bagian kabinet yang tertutup bisa dimanfaatkan untuk menyimpan koran, majalah, bahkan koleksi DVD. Jadi kamu bisa membaca maupun menontonnya kapan saja saat berada di ruang tamu. Termasuk ketika ada tamu, sehingga tamu tersebut tidak akan bosan.

Beri Pencahayaan yang Cukup

sofa ruang tamu minimalis
Beri Pencahayaan yang Cukup

Decor ruang tamu sederhana tidak perlu menggunakan banyak furniture. Cukup dengan sofa dan meja saja sudah bisa membuatnya tampak cozy dengan penataan yang tepat. Supaya semakin nyaman, kamu perlu memperhatikan pencahayaan ruangan. Pencahayaan yang memadai akan membuat ruangan minimalis terasa lebih luas dan lega.

Pencahayaan yang bagus juga membuat ruangan terasa lebih hangat. Jadi akan lebih apik apabila ruang tamu di rumah mempunyai jendela besar. Kamu bisa meletakkan sofa tidak jauh dari jendela tersebut. Melengkapinya, kamu bisa menambahkan lampu meja maupun standing lamp yang hanya dinyalakan pada malam hari.

Pakai Karpet Membuat Ruangan Semakin Comfy

dekorasi ruang tamu dengan tanaman
Karpet Membuat Ruangan Semakin Comfy

Guna menciptakan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik plus nyaman, kamu bisa menambahkan karpet. Ruangan tamu satu ini tampak seperti ruang keluarga dan ruang tamu yang dijadikan satu ruangan. Penggunaan karpet seolah menjadi pembatas antar area tersebut, sekaligus memberikan kesan yang hangat.

Karpet juga bisa membantu menyerap suara, sehingga ruang tamu terasa lebih nyaman, menambah kehangatan ruangan, mengurangi kesan yang dingin dan juga akan menutupi lantai yang tidak rata atau berlubang, sehingga ruang tamu akan terlihat lebih rapi. Tips juga untuk menggunakan karpet yang berwarna cerah dan dengan motif yang menarik akan menambah kesan elegan di ruang tamu.

Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik salah satu cara yang bagus untuk menghasilkan ruang tamu yang elegan dan nyaman. Dengan menggunakan warna-warna yang tepat, barang-barang sederhana dengan sedikit aksen. Kamu dapat menciptakan ruang tamu yang indah yang akan menjadi tempat paling nyaman untuk berbagi kenangan bersama keluarga dan teman-teman. Lengkapi berbagai perabotan seperti meja kerja, lemari pakaian dan meja rias rumahmu dengan furniture dari Olympic Furniture.

7 Ide Desain Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai, Mana Pilihanmu?

5 Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis 3x3 yang Nyaman