Logo

6 Warna Cat Rumah yang Sejuk, Bikin Penghuninya Nyaman

Bagian utama yang menjadi penunjang kenyamanan bagi penghuni rumah adalah pemilihan warna cat. Mayoritas pemilik rumah memilih warna cat rumah yang sejuk agar memberikan kesan tenang. Untuk menemukan warna cat yang tepat biasanya melibatkan pertimbangan kepribadian para penghuni rumah tersebut.

Usia pemilik rumah juga menjadi faktor utama dalam memilih warna cat. Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan warna cat berbeda untuk tiap ruangan. Bahkan ada juga yang menggunakan dua warna cat sekaligus untuk satu ruangan agar tidak monoton. Namun, untuk kamu yang ingin warna-warna yang bisa menenangkan, berikut rekomendasinya.

Putih Tulang

Warna Cat Rumah yang Sejuk Putih Tulang
Warna Cat Rumah yang Sejuk Putih Tulang | Gambar: Livspace.com

Pertama ada warna putih tulang yang sering menjadi pilihan rumah modern atau komersil. Supaya ruangan tidak terlalu membosankan, pilih furniture warna sejuk. Jika kamu ingin mengombinasikan warna, pasti tidak akan susah untuk memadukan putih tulang dengan warna lain. Letakkan juga beberapa tanaman hias agar kesan sejuk lebih terasa.

Pemilihan lampu ruangan juga memberikan pengaruh pada ruang bercat putih tulang. Tak masalah jika kamu memilih warna lampu kekuningan agar tidak terlalu cerah di mata. Lantai ruangan bisa menggunakan vinyl atau bahan lain sesuai selera. Namun yang perlu kamu tahu, cat putih tulang memang perlu perawatan khusus.

Kombinasi Abu Biru

Warna Cat Rumah yang Sejuk Kombinasi Abu Biru
Warna Cat Rumah yang Sejuk Kombinasi Abu Biru | Gambar: Livspace.com

Warna cat rumah yang sejuk kedua adalah kombinasi abu dan biru. Belakangan ini cat rumah warna abu memang banyak diminati oleh kalangan muda. Perpaduan dengan warna biru juga menjadikan ruangan terlihat lebih hidup. Kabar baiknya lagi sudah banyak furniture yang menggunakan dua warna tersebut untuk mempercantik ruangan.

Ada kesan gelap dan tenang yang diberikan jika menggunakan kombinasi dua warna ini. Sebagai pemilik rumah, kamu bisa menyiasati dengan menggunakan jendela besar di ruang tamu. Buka jendela tersebut pada pagi hari supaya rumah punya cukup pencahayaan. Aroma sejuk pada pagi hari pastinya bisa kamu rasakan dari dalam rumah.

Kombinasi Sage Putih

Warna Cat Rumah yang Sejuk Kombinasi Abu Biru
Warna Cat Rumah yang Sejuk Kombinasi Sage Putih | Gambar: Livspace.com

Rekomendasi warna cat selanjutnya adalah kombinasi warna sage putih. Warna sage sudah sangat terkenal mampu menghadirkan suasana sejuk yang optimal. Kalangan muda disarankan memilih warna ini karena memberi nilai estetika tinggi. Teman-teman kamu yang datang ke rumah dijamin betah.

Seluruh ruangan tak masalah menggunakan warna cat sage. Namun, supaya tidak terkesan membosankan, gunakan cat putih pada bagian pintu rumah, atap dan lantai rumah. Khusus untuk furniture ruang tamu, gunakan juga kombinasi dua warna tersebut. Hiasi juga ruangan dengan tumbuhan penyerap radiasi agar lebih sejuk.

Baca Juga! 7 Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan

Earth Tone

Warna Cat Rumah yang Sejuk Earth Tone
Warna Cat Rumah yang Sejuk Earth Tone | Gambar: Livspace.com

Warna cat rumah yang sejuk selanjutnya adalah warna cat yang masuk ke dalam kategori earth tone. Cat ruangan, sofa, dan lainnya sebaiknya menggunakan warna senada. Jika kamu ingin menambahkan kesan lain pada ruang tamu, maka gunakan cat warna lebih gelap/terang di sisi lainnya. Jendela besar menjadi salah satu komponen yang wajib ada.

Pencahayaan dari jendela besar memberi banyak manfaat. Selain manfaat pencahayaan dan kesan sejuk, jendela besar berfungsi menghemat energi. Tidak perlu menggunakan lampu listrik di siang hari, ruangan tetap mendapat pencahayaan. Warna cat yang masuk ke dalam warna bumi adalah warna-warna seperti nude, cokelat dan sejenisnya.

Kombinasi Abu Putih

Warna Cat Rumah yang Sejuk Kombinasi Abu Putih
Warna Cat Rumah yang Sejuk Kombinasi Abu Putih | Gambar: Livspace.com

Selanjutnya ada kombinasi cat warna abu dan putih yang punya kesan elegan. Pemilik rumah style minimalis wajib mempertimbangkan warna cat ini untuk rumahnya. Warna abu sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada abu tua, abu muda dan lainnya. Abu tak kalah favorit dari warna putih atau cream karena abu termasuk warna netral juga dan mudah dikombinasikan.

Walaupun mudah, tapi mengombinasikan warna abu juga harus teliti. Pasalnya kalau salah perhitungan, warna ini bisa memberi kesan gelap pada ruangan. Lagi-lagi solusi terbaik masalah pencahayaan ruangan yakni memiliki jendela besar. Buat desain jendela terbaik supaya indah dipandang dan memberikan fungsi maksimal yakni membuat sejuk ruangan.

Nude

Warna Cat Rumah yang Sejuk Nude
Warna Cat Rumah yang Sejuk Nude | Gambar: Livspace.com

Terakhir ada warna nude yang lebih ke arah coklat muda atau krem. Pilihan cat ini termasuk timeless dan terus eksis sepanjang masa. Kalangan kelas atas juga sering kali memilih warna cat cokelat muda yang dipadukan dengan warna emas. Namun, kombinasi tersebut terkesan biasa karena sudah banyak yang menggunakannya.

Jika kamu termasuk orang yang pemberani, coba untuk menggunakan kombinasi warna lain. Contohnya dengan memilih bantal sofa berwarna merah tua. Dengan begitu orang yang berada dalam ruangan tidak akan cepat bosan melihat tata ruang dan furniture di dalamnya. Sofa panjang ditambah sofa bulat akan mempercantik ruang tamu bercatkan nude ini.

Itu dia rekomendasi warna cat rumah yang sejuk dan menenangkan untuk dipandang. Selain menentukan warna cat yang tepat, percantik juga rumahmu dengan furnitur sofabed, meja, lemari, meja tv dan rak serbaguna dari Olympic Furniture yang bisa kamu beli di Mitra Olympic terdekat di kotamu.

6 Desain Kamar Tidur Anak Laki-Laki Bernuansa Karakter Favorit

Rekomendasi 3 Nakas Minimalis Terbaik untuk Kamar Tidur