Olympic Furniture logo

ENGLISH | BAHASA

News & Event

Peranan Marketer Muda kian Penting

March 15, 2017
Peranan Marketer Muda kian Penting

Salah satu faktor penentu posisi perusahaan dimasa mendatang adalah keterlibatan marketer muda saat ini. Peranan mereka pun kian krusial karena lekat dengan dunia digital.

"Sampai saat ini besar porsi karyawan muda dibagian marketing bisa lebih dari 50%. Faktor yang mendorong perusahaan merekrut marketer muda karena pada umumnya mereka lebih berani untuk melakukan hal-hal baru."

Tanpa disadari, teknologi sedikit demi sedikit telah mengubah gaya hidup masyarakat. Adanya teknologi pun memudahkan komunikasi sekaligus seolah-olah dapat memperpendek jarak. Menariknya, perubahan tersebut pun dialami di lingkungan bisnis.

Tak heran jika konsumen kerap dimudahkan dengan kemajuan teknologi, misal memiliki banyak pilihan ketika ingin membeliproduk maupun mencari jasa sesuai kebutuhan. Ibaratnya, jika dulu hanya ada 1 atau 2 pilihan ditoko terdekat, kini lebih banyak lagi pilihan dimungkinkan karena adanya peranan teknologi.

Dampak adanya kemajuan teknologi juga dirasakan oleh Olympic Group. menurut Santo Fransiscus, Direktur Marketing Olympic Group, banyaknya pilihan yang ada saat ini karena hampir semua hal dapat dilakukan secara online. Terlebih, generasi muda saat  ini begitu lekat dengan teknologi. Oleh karena itu, secara tidak langsung pasar pun mulai bergeser. Mulai menunjukkan ke arah digital.

Meskipun demikian, untuk produk furnitur sebagian besar masih dipengaruhi cara-cara konvensional.

Menghadapi perubahan pasar yang kian dinamis, Olympic Group pun telah menyusun serangkaian strategi yang akan dilakukan-baik dari sisi aktivitas maupun kesiapan sumber daya manusia. Sejauh ini, Olympic Group telah merangsek kedunia digital marketing sejak beberapa tahun lalu. Jika ditelisik lebih jauh, perusahaan pun sudah menerapkan dan aktif secara online. Jadi, ketika ditanya mengenai era digital, Santo menegaskan Olympic Group sudah siap.

Dengan pengalaman bisnis yang lebih dari puluhan tahun, Olympic Group memiliki jaringan distribusi luas dan menyeluruh diberbagai kota di Indonesia. Tak heran jika Olympic Group menjadi salah satu produsen furnitur terbesar di Indonesia dengan kantor pusat di Bogor.

Berdasarkan data yang dikutip dari situs www.olympicfurniture.co.id, terdapat lebih dari 49 cabang dan 30 titik distribusi yang tersebar di sleuruh Indonesia, dan telah memasok produk furnitur ke lebih dari 3.600 toko tradisional dan 250 modern outlet. Selain itu, Olympic Group juga menggarap berbagai proyek milik instansi pemerintah maupun swasta, direct selling, termasuk juga menyediakan layanan penjualan online.

"Sekarang Olympic memiliki satu tim khusus untuk menjalankan digital marketing. Tim tersebut masih berada dibawah divisi marketing communication. Untuk memaksimalkan aktivitas digital marketing, kami akan menjalin kerjasama lebih intens dengen beberapa vendor digital marketing yang ada,"papar Santo. Dia menambahkan, Olympic mempunyai beberapa program aplikasi yang memudahkan aktivitas marketing, khusunya secara internal maupun dengan konsumen, seperti digital catalog, aplikasi untuk sales activity management, serta memasang LED promosi di customer potensial.

Santo mengungkapkan, dalam menempatkan karyawan yang bertanggung jawab menjalankan aktivitas digital marketing, dipilih mereka yang berjiwa muda. Tak heran jika umumnya spesifikasi yang diperlukan yaitu usia muda dan dekat dengan dunia digital. Termasuk juga memiliki ide-ide segar. Untuk memenuhi aktivitas digital marketing, Santo tak memungkiri bahwa Olympic Group mulai merekrut karyawan-karyawan muda. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah promosi di media sosial, online store, e-commerce, termasuk juga aktivitas below the line seperti pameran. Karyawan muda pun tak hanya ditempatkan di tim digital marketing, tapi juga dibagian sales.

"Sampai saat ini besar porsi karyawan muda dibagian marketing bisa lebih dari 50%. Faktor yang menodorong perusahaan merekrut marketer muda karena pada umumnya mereka leih berani untuk melakukan hal-hal baru. Terlebih krusial, mereka lebih dekat dengan teknologi. Disamping itu, mereka juga condong memiliki ide-ide segar sehingga bisa membawa sesuatu yang baru dalam dunia marketing. Apalagi, banyak cara lama yang sudah tidak relevan lagi saat ini." ujar Santo.

Terkait dengan posisi marketer senior, Santo berpendapat bahwa mereka pun dituntut untuk tetap bisa menghadapi perubahan pasar yang terjadi saat ini. ketika Olympic Group banyak merekrut marketer muda, maka dengan sendirinya marketer senior akan termotivasi untuk terus belajar dan mengikuti perubahan yang ada. Memang tak bisa dipungkiri peranan marketer muda dalam meningkatkan kinerja merek atau perusahaan dinilai penting. " Posisi perusahaan dan merek dimasa mendatang bisa dilihat dari bagaimana kinerja dan hasil yang saat ini diberikan oleh marketer-marketer muda,: kata dia.

sumber : Majalah Marketing 03/XVII.MARET 2017 |www.marketing.co.id